Rabu 18 Januari 2023, 10:00 WIB

Renault dan Nissan Dalam Tahap Akhir untuk Turunkan Saham

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Renault dan Nissan Dalam Tahap Akhir untuk Turunkan Saham

AFP
Ilustrasi Renault

 

Renault SA sedang dalam tahap akhir pembicaraan dengan Nissan Motor Co. untuk menurunkan sahamnya di mitra Jepang menjadi 15 persen dari 43 persen saat ini, kata sumber yang dekat dengan masalah tersebut, Selasa (17/1).

Chief Executive Officer Renault Luca de Meo berencana untuk bertemu dengan CEO Nissan Makoto Uchida di Jepang pada 26 Januari, dengan tujuan untuk mencapai kesepakatan mengenai tinjauan aliansi modal mereka sejak tahun 1999, kata sumber tersebut.

Kedua pembuat mobil berencana untuk membentuk kembali struktur aliansi mereka untuk membawa taruhan timbal balik mereka ke tingkat yang sama di 15 persen, menurut sumber.

Nissan, yang memiliki 15 persen saham tanpa hak suara di mitra Prancis yang lebih kecil, telah mencari hubungan modal yang lebih seimbang selama bertahun-tahun.

Nissan telah mempertimbangkan untuk mengambil saham di bisnis kendaraan listrik Renault, Ampere.

Raksasa chip AS Qualcomm Technologies Inc. mengatakan pada November akan berinvestasi di Ampere, sementara Google LLC mengatakan akan bekerja sama dengan perusahaan kendaraan listrik itu.

Negosiasi untuk mereformasi struktur modal antara Renault dan Nissan telah membuat sedikit kemajuan, karena produsen mobil Jepang tersebut khawatir bahwa kekayaan intelektualnya terkait teknologi kendaraan listrik dapat dibagikan dengan orang lain di luar aliansi melalui Ampere.

Tapi Renault tampaknya menawarkan beberapa kelonggaran kepada Nissan, membuka jalan untuk kesepakatan perombakan ikatan modal mereka.

Ketika Presiden Prancis Emmanuel Macron bertemu dengan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida pekan lalu di Paris, presiden mengatakan pemerintah Prancis, pemegang saham terbesar Renault, mendukung pembicaraan peninjauan kemitraan modal, membantu memajukan diskusi, kata sumber tersebut.

Renault menjadi pemegang saham utama Nissan pada 1999 ketika perusahaan Jepang itu berada di ambang kebangkrutan, mengirim Carlos Ghosn untuk memimpin perombakan.

Mitsubishi Motors Corp. bergabung dengan aliansi tersebut setelah Nissan mengakuisisi 34 persen sahamnya pada tahun 2016, demikian disiarkan Kyodo, Selasa (17/1). (Ant/OL-12)

Baca Juga

Dok. Pribadi

Reformasi Pajak Dorong Pertumbuhan Ekonomi, Poppy Zeidra : Optimis

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 05 Februari 2023, 19:06 WIB
Sebagaimana diketahui, Direktorat Jenderal Pajak terus mendorong reformasi perpajakan untuk meningkatkan kepatuhan...
Dok. Kementan

Panen Padi di Kabupaten Bekasi Melimpah, ini Pesan dan Harapan Petani

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 05 Februari 2023, 19:03 WIB
"Alhamdulillah panen musim ini hasilnya sangat memuaskan. Padahal secara jadwal tanam disini sedikit...
Dok. Kementan

BPS: Panen Padi Kabupaten Bekasi Meningkat 3 Persen, Sangga Jabar dan DKI Jakarta

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 05 Februari 2023, 18:58 WIB
"Produksi padi dan beras dihitung hingga level kabupaten dan kota. Termasuk hitungan di Kabupaten Bekasi. Dimana sejak 2021 luas...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya