Minggu 08 Januari 2023, 20:02 WIB

Bakal Raih Dana IPO Rp1,49 triliun, Ini Rincian Penggunaannya oleh Bank Sumut

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Bakal Raih Dana  IPO Rp1,49 triliun, Ini Rincian Penggunaannya oleh Bank Sumut

Dok.Bank Sumut
Kantor Pusat Bank Sumut

 


 PT Bank Pembangunan Daerah Sumatera Utara Tbk. (Bank Sumut) siap mengerek kinerja bisnis dengan meningkatkan ekspansi kredit hingga pengembangan teknologi informasi serta layanan digital. 

Bank Sumut, dengan kode emiten BSMT, rencananya akan mengalokasikan 80 % dana yang diperoleh dari hasil penawaran umum perdana saham (initial public offering/IPO) untuk modal kerja guna mendukung ekspansi bisnis perseroan, termasuk kredit modal kerja, kredit investasi hingga kredit konsumtif. 

“Sekitar 20 % sisanya akan digunakan untuk perluasan jaringan dan pengembangan teknologi informasi guna menunjang kegiatan usaha perseroan, termasuk layanan digital,” ujar Plt Direktur Utama Bank Sumut Hadi Sucipto, Sabtu (7/1).

Rinciannya, 10 % akan digunakan sebagai belanja modal, termasuk pengeluaran untuk aset sewa berupa pembukaan atau perpanjangan sewa unit kantor, unit layanan, renovasi gedung, dan infrastruktur teknologi informasi. Sementara itu, 10 persen lainnya akan digunakan untuk belanja operasional berupa pengembangan jaringan ATM, layanan digitalisasi, peningkatan system security, dan pengembangan
teknologi informasi lainnya dengan skema manage service.

Seiring dengan dinamika yang terjadi terkait dengan pergantian pucuk pimpinan Bank Sumut, perseroan memastikan bahwa proses rangkaian IPO tidak akan terganggu dan operasional perbankan juga tetap berjalan normal. “Bahkan jajaran Direksi dan Komisaris Bank Sumut akan segera melakukan paparan publik kepada investor. Semua masih sesuai jadwal,” tegas Hadi Sucipto.

Sesuai prospektus, bank daerah milik Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota se Sumatra Utara ini telah menggelar penawaran awal atau bookbuilding sebanyak banyaknya 2.934.798.300 saham (mewakili 23 % dari total saham Bank Sumut usai IPO) mulai Kamis (5/1/2023) hingga Rabu (18/1/2023). Dengan nilai nominal Rp250 per saham, Bank Sumut mematok harga penawaran pada rentang harga Rp350 hingga Rp510 per saham sehingga perseroan berpotensi meraup dana Rp1,02 triliun hingga maksimal Rp1,49 triliun.

Dengan alokasi 80 % dana IPO untuk modal kerja, maka perseroan menganggarkan dana sebanyak-banyaknya Rp1,19 triliun untuk mengerek kinerja bisnis, termasuk ekspansi kredit. Adapun, dana IPO maksimal Rp299,34 miliar sisanya akan digunakan untuk perluasan jaringan dan pengembangan teknologi informasi. 

Melalui empat perusahaan sekuritas, yakni PT Aldiracita Sekuritas Indonesia, PT BRI Danareksa Sekuritas, PT RHB Sekuritas Indonesia, dan PT UOB Kayhian Sekuritas sebagai penjamin pelaksana emisi efek, Bank Sumut dijadwalkan dapat memulai tanggal pencatatan saham di Bursa Efek Indonesia pada 7 Februari 2023.

Sebagai catatan, jumlah kredit/Pembiayaan yang telah disalurkan Bank Sumut hingga triwulan III/2022 (30 September 2022) mencapai Rp26,90 triliun, tumbuh 2,01 % atau naik Rp534,40 miliar dibandingkan dengan penyaluran pada triwulan II/2022 sebesar Rp26,36 triliun. (RO/E-1)

Baca Juga

Antara

Kemendag Take Down 6.678 Penjualan MinyaKita di Marketplace

👤Ficky Ramadhan 🕔Kamis 09 Februari 2023, 19:43 WIB
Langkah pengawasan dilakukan karena semakin banyak pelaku usaha yang tidak menaati aturan. Sehingga, menyebabkan kelangkaan stok MinyaKita...
MI/M. Irfan

Akademisi UI: Kehadiran Beras Impor Tidak Sesuai Dengan Harapan Masyarakat

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 09 Februari 2023, 19:39 WIB
Riyanto mengatakan, seharusnya Pemerintah sejak awal menghitung secara detail, timing dan dampak dari kebijakan...
Dok Bea Cukai

Kemenkeu Satu Berdayakan UMKM Berpotensi Ekspor

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 09 Februari 2023, 19:30 WIB
Menurut Hatta, edukasi dan pendampingan ekspor tersebut merupakan salah satu upaya nyata Kementerian Keuangan dalam mendukung pemulihan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya