Selasa 15 November 2022, 17:11 WIB

Presiden Dukung Pemerataan Pembangunan Infrastruktur Negara Berkembang

Andhika Prasetyo | Ekonomi
Presiden Dukung Pemerataan Pembangunan Infrastruktur Negara Berkembang

ANTARA FOTO/Aditya Pradana
Presiden Joko Widodo

 

PRESIDEN Joko Widodo mengapresiasi program Partnership for Global Infrastructure and Investment (PGII) yang diinisiasi G7 untuk menciptakan pemerataan pembangunan di negara-negara berkembang.

Indonesia, sambungnya, selalu mendukung berbagai upaya yang bisa memberi ketahanan bagi negara-negara yang saat ini tengah berjibaku bertahan dari berbagai tantangan dan krisis multidimensional.

“Indonesia selalu mendukung penguatan pembangunan infrastruktur di negara-negara berkembang. Kita tahu krisis multidimensional yang tengah dihadapi dunia membawa tantangan tersendiri bagi pembangunan infrastruktur di negara-negara berkembang,” ujar Jokowi di Arpuva Kempinski, Bali, Selasa (15/11).

Kendati demikian, Kepala Negara mengingatkan dukungan dari PGII harus didasarkan pada kebutuhan riil negara penerima bantuan. Konsultasi dan dialog harus menjadi pedoman utama. Jangan sampai, infrastruktur yang dibangun ternyata tidak betul-betul dibutuhkan masyarakat dan negara tujuan.

“Pembangunan infrastruktur juga perlu memberdayakan penduduk setempat agar mereka memiliki rasa kepemilikan yang tinggi,” ucapnya.

Baca juga: Presiden Joko Widodo Lakukan Pertemuan Bilateral Dengan Sekjen PBB

Kemudian, PGII juga harus dilandaskan pada paradigma kolaborasi. Harus ada banyak pihak yang dilibatkan dalam kebijakan tersebut, terutama dari sektor swasta.

Selain itu, program global itu juga harus berorientasi pada pembangunan hijau dan trasnsisi energi. Pasalnya, selama ini, negara berkembang adalah yang paling rentan terhadap tantangan pembangunan berkelanjutan dan perubahan iklim.

“Presidensi G-20 Indonesia mendorong usaha nyata di bidang sustainable infrastructure dan pendanaan pembangunan. Indonesia juga bersungguh-sungguh mengembangkan indsutri hijau termasuk ekosistem industri mobil listrik sebagaimana kita saksikan di KTT G-20 kali ini,” tutur mantan wali kota Surakarta itu.

“Indonesia siap mendukung inisiatif PGII. Harapan saya, ini dapat memperkuat hasil yang telah dicapai di G-20," pungkas Presiden.(OL-5)

Baca Juga

ANTARA

Menhub Tinjau Langsung Penerbangan Umroh dari Bandara Kertajati

👤Ficky Ramadhan 🕔Sabtu 26 November 2022, 17:00 WIB
Jamaah umroh yang berangkat menggunakan kedua maskapai tersebut berasal dari sejumlah daerah di Jawa...
Dok. Kementan

Perkuat Produksi, Mentan SYL Kawal Gerakan Tanam di Food Estate Kapuas

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 26 November 2022, 16:58 WIB
Ia menambahkan pengembangan lahan rawa sebagai lahan pangan masa kini dan masa depan dinilai sangat strategis dan prospektif dalam...
dok.ist

AOTCA Bali Sukses Digelar, Peserta Apresiasi Pelayanan IKPI

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 26 November 2022, 16:26 WIB
GELARAN Asia Oceania Tax Consultants Association (AOTCA) General Meeting di The Westin Resort, Nusa Dua, Bali, yang dihelat Ikatan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya