Jumat 04 November 2022, 15:24 WIB

100 Hari Kerja, Targetnya 514 P4S Berdiri di Indonesia

Mediaindonesia.com | Ekonomi
100 Hari Kerja, Targetnya 514 P4S Berdiri di Indonesia

Antara/Arif Firmansyah.
Petani menyiram sayuran pokcoy di lahan pertanian organik Kebun One Home Farm, Griya Katulampa, Kota Bogor, Jawa Barat, Jumat (28/10/2022).

 

FORUM Komunikasi Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) menargetkan pendirian 514 unit di kabupaten dan kota seluruh wilayah Indonesia. Hal tersebut masuk target program kerja 100 hari Forum Komunikasi P4S yang baru terbentuk kepengurusannya akhir September 2022.

Ketua 2 Forum Komunikasi P4S Zulharman Djusman mengatakan, saat ini dibutuhkan sedikitnya 195 P4S di kabupaten/kota seluruh Indonesia. "Kalau program 100 hari kerja kami yang dikejar oleh Pak Menteri itu salah satunya pertumbuhan 514 P4S di kabupaten/kota seluruh wilayah Indonesia," kata Zulharman dalam webinar P4S: Dari Petani Untuk Petani, Rabu (2/11).

Zulharman juga mengatakan penumbuhan P4S penting dalam menggerakkan pembangunan pertanian dan perdesaan, mengingat salah satu ciri P4S adalah inovasi dan smart farming. Lebih lanjut, Forum Komunikasi P4S memiliki tugas penting dalam mengedukasi petani.

"Ada stigma penggunaan teknologi smart farming itu mahal, susah, dan sebagainya. Nah, ini menjadi misi Forum Komunikasi P4S untuk edukasi. Memang sedikit susah di awalnya, tetapi penggunaan teknologi dalam smart farming nanti sangat memudahkan petani," terang dia.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Pusat Pelatihan Pertanian, Leli Nuryati, mengatakan peran P4S sesuai dengan Peraturan Menteri Pertanian Nomor 33 Tahun 2016. "Jadi tidak hanya untuk pelatihan petani, tetapi menjadi sentra pengembangan jejaring usaha tani," kata Leli. (RO/OL-14)

Baca Juga

Antara/Muhammad Adimaja

Dana Menumpuk Akibat Serapan Seret, Kemenkeu : Timbulkan Opportunity Lost

👤Despian Nurhidayat 🕔Kamis 01 Desember 2022, 00:21 WIB
Pemda diharapkan segera melaksanakan kontrak dan mempercepat proses pengadaan barang dan jasa setelah perubahan...
Dok.Ist

Jasa Interior Ini Banjir Pesanan Sejak  Pandemi

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 30 November 2022, 23:30 WIB
Hal lain yang membuat CG Interior lebih unggul adalah manufaktur dari mebel dan perabotan yang dilakukan sendiri di pabrik...
Ist

Ahli Waris Pegawai Lion Group Dapat Santunan JKK Sebesar Rp 448 Juta

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 30 November 2022, 23:11 WIB
Santunan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) BPJS Ketenagakerjaaan diterima ahli waris dari karyawan Lion Group yakni istrinya Megawati...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya