Selasa 01 November 2022, 21:23 WIB

Tiga Kebutuhan IKM untuk Tumbuh Berkembang

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Tiga Kebutuhan IKM untuk Tumbuh Berkembang

Antara/ Ujang Zaelani.
Iskandarsyah Rama Datau.

 

KAMAR Dagang & Industri (Kadin) Indonesia memiliki salah satu tugas yaitu memfasilitasi penciptaan sinergi antarpengusaha Indonesia serta menyelenggarakan promosi dalam dan luar negeri, terutama terkait industri kecil dan menengah (IKM). Dalam pengembangan IKM, ada tiga hal yang dibutuhkan untuk berkembang.

Itu disampaikan Iskandarsyah Rama Datau sebagai Ketua Komite Tetap IKMA Kadin Indonesia dalam workshop bertajuk Gerakan Kemitraan Inklusif untuk IKM Naik Kelas di Gedung Kementerian Perindustrian, Jakarta, Selasa (1/11). "Pertama, penyediaan akses pasar domestik maupun ekspor yang kontinu bagi IKM," ujar Rama.

Ia memaparkan hasil survei Asian Development Bank (ADB) pada 2020 terkait dampak covid-19 terhadap IKM. Hasil tersebut menunjukkan 30,5% permintaan domestik IKM turun, 14,1% pembatalan kontrak dengan IKM, dan 13,1% mengalami hambatan pengiriman. Karena itu, imbuh Rama, IKM membutuhkan bantuan akses pasar dalam rantai pasok.

Kedua, IKM membutuhkan peningkatan kompetensi manufaktur bagi IKM agar menjadi mandiri dan profesional. Maklum, kondisi kompetensi IKM cukup memprihatinkan dan perlu dikembangkan. 

Tengo saja, mayoritas tingkat pendidikan owner alias pemilik IKM tidak begitu tinggi. "Maksimal pendidikan mereka hanya sekolah menengah atas atau SMA," tutur Rama. Solusinya, sharing knowledge atau pelatihan oleh pelaku industri. 

Yang tak kalah penting, IKM membutuhkan peningkatan cash flow IKM melalui pengaturan term of payment (ToP). Rama menilai standar TOP sampai dengan 45 hari terlalu lama bagi IKM. Padahal IKM membutuhkan TOP lebih cepat dengan standar dan aktual sesuai. (OL-14)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Presiden Ajak Pengusaha Optimis

👤Indriyani Astuti 🕔Jumat 02 Desember 2022, 17:43 WIB
Jokowi mengklaim bahwa neraca perdagangan Indonesia selama 30 bulan berturut-turut mengalami surplus setelah sebelumnya selalu defisit...
Dok. Pertamina Patra Niaga

BBM Satu Harga Pertamina Kini Layani Kebutuhan Energi Masyarakat di 402 Wilayah di Indonesia 

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 02 Desember 2022, 17:20 WIB
Implementasi program itu diwujudkan dengan peresmian lembaga penyalur BBM Satu Harga yang kembali dilakukan bersama BPH Migas di 3 wilayah...
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Airlangga: Kenaikan Upah Minimum untuk Apresiasi Pekerja

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Jumat 02 Desember 2022, 17:01 WIB
Karenanya, pemerintah melalui menteri ketenagakerjaan menerbitkan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan 18/2022 tentang Penetapan Upah Minimum...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya