Selasa 01 November 2022, 14:03 WIB

Kontribusi Asuransi Jiwa terhadap Pembangunan Nasional

mediaindonesia.com | Ekonomi
 Kontribusi Asuransi Jiwa terhadap Pembangunan Nasional

FOTO/Freepik.
Infrastruktur terbangun karena ada kontribusi perindustrian asuransi, termasuk asuransi jiwa.

 

INDUSTRI asuransi jiwa di Indonesia ternyata berkontribusi positif terhadap pembangunan infrastruktur di Indonesia. Dan ini terus konsisten dari tahun ke tahun.

Menurut Ketua Dewan Pengurus AAJI, Budi Tampubolon dalam rilis yang diterima Media Indonesia, beberapa waktu lalu, industri asuransi jiwa menghimpun dana investasi jangka panjang. Total dana ini sebagian iinvestasikan dalam bentuk deposito, sukuk, SBI, reksadana, saham.

Berdasarkan data Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) total investasi industri asuransi jiwa sampai dengan Juni 2022 tercatat sebesar Rp536,67 triliun atau meningkat 3,8% jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2021.

Dari total tersebut, sebesar 22,8% atau Rp122,46 triliun ditempatkan pada instrumen Surat Berharga Negara (SBN) yang menunjukkan bahwa industri asuransi jiwa senantiasa mendukung program-program pembangunan jangka panjang Pemerintah.

Selain itu, industri asuransi jiwa juga berperan dalam menjaga stabilitas pasar modal Indonesia melalui penempatan investasi dalam bentuk saham, sukuk korporasi dan reksadana sebesar Rp329 triliun atau 61,3% dari total kelolaan investasi industri asuransi jiwa.

Baca juga: Insurance Forum 2022 Wujud Transformasi Industri Asuransi

“Industri asuransi jiwa berkomitmen untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional melalui perlindungan dan pengelolaan keuangan masyarakat. Untuk itu, AAJI senantiasa mendorong seluruh perusahaan anggota dan para pemangku kepentingan untuk meningkatkan manajemen risiko, tata kelola yang baik dan kualitas sumber daya manusia yang sejalan dengan Roadmap Industri Asuransi Jiwa,” jelas Budi Tampubolon.

Penyusunan roadmap industri asuransi jiwa Indonesia ini, kata Budi Tampubolon dibutuhkan dalam mendukung perkembangan industri asuransi jiwa di Indonesia.

‘’Hal ini guna menjadikan industri Asuransi jiwa semakin menjadi bagian dari masyarakat, terus bertumbuh dan mampu terus berkontribusi dalam mendorong pembangunan nasional Indonesia,’’ jelasnya.

Tata kelola investasi

Tata kelola investasi yang dilakukan perusahaan asuransi jiwa perlu menjadi perhatian. Apalagi, saat ini Pemerintah dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berkomitmen untuk terus mendorong penetrasi dan densitas asuransi di Tanah Air.

Penetrasi dan densitas yang tinggi diperlukan bukan saja untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, tapi juga untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi nasional. Sedangkan, dana kelolaan  investasi asuransi nantinya digunakan untuk membayarkan klaim nasabah.

Sebagai informasi, berdasarkan data OJK, per Juli 2022 dana kelolaan investasi perusahaan asuransi jiwa tercatat senilai Rp 526,23 triliun. Capaian tersebut masih tumbuh 7,21% dari periode sama tahun lalu yang senilai Rp490,81 triliun.

Sebagai bentuk tanggung jawab, perusahaan wajib menempatkan dana kelolaan ke instrumen investasi yang memiliki karakteristik dan periode jatuh tempo yang sama dengan polis nasabah. (Antara/Gan/OL-10)

 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Mendagri Paparkan 9 Strategi Kendalikan Inflasi

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Senin 28 November 2022, 20:48 WIB
Mendagri menjelaskan, langkah pertama adalah melakukan pemantauan harga dan stok untuk memastikan kebutuhan yang...
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah

Inflasi Pangan Diprediksi Terkendali Jelang Nataru

👤Mediaindonesia 🕔Senin 28 November 2022, 20:26 WIB
Inflasi dari sektor pangan mestinya masih bisa terjaga. Apalagi, berdasarkan data Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian,...
Dok. Link Net

Tambah 83 Ribu Homes Paseed, Link Net Bukukan Pendapatan Rp1,08 Triliun di Kuartal III-2022

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 28 November 2022, 20:24 WIB
Link Net menambahkan 83 ribu homes passed ke dalam jaringannya pada Kuartal III-2022. Penambahan homes passed kuartal ini tertinggi sejak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya