Minggu 11 September 2022, 21:11 WIB

Inflasi Tahun Depan Diprediksi Sekitar 4-5%

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Inflasi Tahun Depan Diprediksi Sekitar 4-5%

MI/ Seno
Ilustrasi

 

EKONOM Universitas Indonesia (UI) Anton H. Gunawan memperkirakan laju inflasi Indonesia masih relatif tinggi sekitar 4-5%. Hal ini didorong dengan adanya penurunan sejumlah komoditas yang ada, utamanya dari pangan.

Namun, angka tersebut masih terbilang lebih rendah dibanding perkiraan inflasi di tahun ini sekitar 5-6%.

"Inflasi di tahun depan bukan sesuatu hal yang sangat menakutkan. Masih relatif tinggi, jangan berharap di kisaran sebelum pandemi, tapi ke arah 4-5% karena turunnya harga komoditas," ujarnya dalam Diskusi Zoomnomics oleh FEB Universitas Indonesia, Minggu (11/9).

Tingginya proyeksi inflasi tahun ini, kata Anton, disebabkan adanya inplikasi atas kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM), lalu melonjaknya harga pangan.

Ia mencontohkan, dampak penyesuaian harga BBM mengerek pada kenaikan tarif layanan angkutan barang sebesar 25%, data dari Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo).

"Dampak kenaikan tarif BBM ini berefek pada pengaruh peningkatan inflasi tahun ini," ucap Anton.

Namun, tahun depan laju inflasi tinggi diyakini bisa diredam dengan kebijakan pemerintah dalam menahan krisis pangan supaya tidak bergejolak tinggi dan kebijakan fiskal lainnya.

"Dalam upaya menurunkan defisit di bawah 3% itu saya masih ada kemungkinan, terbuka peluang walaupun subsidi (BBM) masih relatif tinggi," tandasnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menekankan bahwa defisit APBN 2023 tidak boleh lebih dari 3%. Hal tersebut disampaikan kepala negara saat memimpin Sidang Kabinet Paripurna di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (8/8).

Namun, target tersebut bukan hal yang mudah. Pasalnya, di 2023 nanti harga berbagai komoditas unggulan akan mengalami penurunan. Itu jelas akan mempengaruhi pemasukan dari aspek ysng berkaitan dengan kegiatan ekspor. (OL-8)

Baca Juga

Antara

Ridwan Kamil Akui Kompor Listrik Bebani Masyarakat

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 03 Oktober 2022, 23:59 WIB
Menurutnya, program konversi gas elpiji 3 kilogram ke kompor listrik akan berjalan lancar jika ada penggunaan teknologi yang...
Dok.Sunlife

Sun Life Indonesia dan CIMB Niaga Hadirkan Sun Proteksi Jiwa

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 03 Oktober 2022, 23:07 WIB
Hanya 37% masyarakat Indonesia yang memiliki tabungan untuk hidup lebih dari 6 bulan ke...
MI/ Dwi Apriani

Penjelasan PLN Soal Aliran Listrik Putus Saat Cuaca Ekstrem

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 03 Oktober 2022, 21:59 WIB
Salah satunya karena gardu listrik terendam air akibat intensitas hujan tinggi. Tak jarang, gardu listrik juga ikut terendam...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya