Minggu 14 Agustus 2022, 15:18 WIB

Jokowi Optimistis Indonesia Segera Swasembada Jagung

Andhika Prasetyo | Ekonomi
Jokowi Optimistis Indonesia Segera Swasembada Jagung

BPMI Setpres
Presiden Joko Widodo

 

PRESIDEN Joko Widodo optimistis, dalam dua hungga 3 tahun, Indonesia akan mampu mewujudkan swasembada jagung. Optimisme tersebut berbekal pada jumlah impor yang semakin turun setiap tahun.

"Tujuh tahun lalu kita impor jagung besar-besaran sampe 3,5 juta ton. Sekarang hanya 800 ribu. Ini lompatan yang sangat besar," ujar Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Minggu (14/8).

Dengan penguatan produksi yang terus ditingkatkan, pengembangan lahan di berbagai provinsi sentra, kepala negara yakin, tiga tahun mendatang, Indonesia akan berhenti membeli jagung dari luar negeri.

"Dengan konsetrasi ke sana, kita bisa tidak impor lagi dalam dua atau tiga tahun mendatang. Sama seperti beras yang kita juga sudah tidak impor dalam tiga tahun ini," tutur mantan Wali Kota Solo itu.

Setelah menetapkan target swasembada, tugas Indonesia belum selesai. Lebih jauh dari itu, pemerintah ingin berperan sebagai lumbung pangan dunia yang mampu memenuhi kebutuhan komoditas-komoditas pangan negara-negara lain.

"Di tengah ancaman krisis pangan, pemerintah berkomitmen terus meningkatkan produksi, menjamin ketercukupan pangan di dalam negeri sekaligus memberi kontribusi bagi kecukupan pangan dunia," pungkas Presiden. (OL-8)

Baca Juga

DOK situs web State Street.

Jelang Akhir Tahun, TECH Masuk ETF State Street

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 September 2022, 22:07 WIB
Saham PT IndoSterling Technomedia (TECH) berhasil masuk dalam Exchange Trade Fund (ETF) atau paket saham yang dikelola manajemen investasi...
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Suharso Monoarfa Mendapat Tugas Baru dari Presiden

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 September 2022, 21:35 WIB
Presiden Jokowi menunjuk Kepala Bappenas Suharso Monoarfa sebagai koordinator pelaksana pada Dewan Pengarah Nasional untuk pencapaian...
Antara

Mendag: Presiden Setuju Kucurkan Rp100 Triliun untuk Serap Produk Petani

👤M Ilham Ramadhan Avisena 🕔Minggu 25 September 2022, 21:23 WIB
Menurut Zulhas, sapaan karib Zulkifli Hasan, usulan itu dapat mendorong peningkatan kesejahteraan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya