Kamis 23 Juni 2022, 19:20 WIB

Ekonomi Syariah Indonesia Era Jokowi Diyakini Bakal Terus Menggeliat

Widhoroso | Ekonomi
Ekonomi Syariah Indonesia Era Jokowi Diyakini Bakal Terus Menggeliat

Ilustrasi
Ekonomi syariah

 

PERTUMBUHAN ekonomi syariah dipercaya akan terus bergeliat usai keberhasilan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menangani pandemi Covid 19 dengan baik. Upaya peningkatan terus tak henti terus dilakukan di tengah proses pemulihan ekonomi nasional.

Melihat demikian, Dekan Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta Ahmad Tholabi Kharlie mengatakan perhatian penuh terus diberikan Presiden Jokowi. Utamanya dalam mendorong pertumbuhan ekonomi syariah.

"Saya kira pascapandemi ini, (ekonomi syariah) akan terus bergeliat. Karena kita tahu secara politik ekonomi Pak Jokowi ini mendukung perkembangan ekonomi syariah di Indonesia,” kata Tholabi dalam keterangan yang diterima, Kamis (23/6).

Dia menuturkan  meski pandemi belum benar benar selesai akan tetapi kenaikan nilai ekonomi syariah Indonesia begitu signifikan. Keberadaannya saat ini bahkan terus melaju ke arah yang lebih positif dalam ruang lingkup keuangan syariah dunia.

Berdasar data The State of Global Islamic Indicator Report 2021, ekonomi syariah Indonesia berhasil masuk ke peringkat keempat dunia. Mengalami peningkatan dari peringkat ke-5 pada 2019 dan peringkat 10 besar pada 2018.

Atas dasar itu dia begitu percaya pada era Presiden Jokowi ekonomi Syariah Indonesia terus terdorong maju ke depan. Hal tersebut turut didukung oleh status Indonesia yang merupakan negara dengan penduduk muslim paling banyak di dunia.

“Potensi yang ada ini seperti potensi penduduk muslim terbesar di dunia dan kepemimpinan yang dipegang kiyai (Ma’ruf Amin) yang notabene jadi ikon ekonomi Syariah Indonesia,” pungkas Tholabi. (RO/OL-15)

 

Baca Juga

Antara

Presiden Ingin Koperasi Produksi Minyak Makan Merah

👤Ficky Ramadhan 🕔Kamis 07 Juli 2022, 23:39 WIB
Minyak Makan Merah merupakan inovasi dari produk turunan kelapa sawit selain CPO, yang dapat dimanfaatkan sebagai salah satu bahan makanan...
Antara/Hendra Nurdiyansyah

Awal yang Baik, KSP Apresiasi Tingginya Minat Masyarakat Mendaftar ke Aplikasi MyPertamina

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 07 Juli 2022, 23:18 WIB
Jumlah downloader aplikasi MyPertamina pada periode yang sama mencapai 4...
Antara

Kadin: Digitalisasi Bantu Kebangkitan Ekonomi Nasional

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Kamis 07 Juli 2022, 22:34 WIB
Seperti, sektor UMKM yang ikut terguncang pandemi covid-19. Namun, banyak pelaku UMKM memanfaatkan teknologi digital untuk upaya...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya