Rabu 01 Juni 2022, 11:44 WIB

Kawasan Industri Didorong Beralih ke EIP

M Ilham Ramadhan Avisena | Ekonomi
Kawasan Industri Didorong Beralih ke EIP

ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi
Ilustrasi Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika

 

MENTERI Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengimbau seluruh kawasan industri dan Kawasan Ekonomi Khusus untuk secara bertahap beralih ke Eco-Industrial Park (EIP). Hal itu bertujuan untuk menanamkan industri yang menciptakan peluang ekonomi bersama, ekosistem yang lebih baik dan jalan inovatif untuk praktik bisnis bertanggung jawab.

"Pemerintah akan menyusun kebijakan perluasan penerapan konsep EIP pada kawasan industri yang telah ada untuk mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya, mengurangi penggunaan energi tak terbarukan, dan membangun industri simbiosis dengan menggunakan limbah yang dihasilkan di daerah tersebut sebagai sumber daya mentah. Mencakup juga penataan sistem pengelolaan lingkungan, serta peremajaan instalasi pengolahan air baku dan air limbah," kata Airlangg dikutip dari siaran pers, Rabu (1/6).

Airlangga menambahkan, kawasan industri telah memainkan peran penting dalam pertumbuhan ekonomi global dan industri yang beroperasi pada kawasan industri juga telah didorong untuk dapat menjalankan praktik bisnis berkelanjutan.

EIP merupakan komunitas industri yang berlokasi di sebuah kawasan dan semuanya berkomitmen mencapai peningkatan kinerja lingkungan, ekonomi, dan sosial melalui kolaborasi dalam mengelola isu-isu lingkungan dan sumber daya alam.

Di tengah pulihnya kembali sektor industri setelah kondisi pandemi mulai mereda serta komitmen sektor industri terhadap pengelolaan isu-isu lingkungan dan sumber daya alam. Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian ikut mendukung pembangunan EIP di Indonesia.

Pembangunan EIP di Indonesia saat ini sedang dilakukan oleh Kementerian Perindustrian bekerja sama dengan United Nations Industrial Development Organization (UNIDO) dan Swiss State Secretariat for Economic Affairs (SECO).

Baca juga: Ganjar Dorong Industri dan Kerajinan Gunakan Energi Alternatif

Di antara banyak manfaatnya, imbuh Airlangga, EIP mempromosikan efisiensi sumber daya dan praktik ekonomi sirkular, membantu menjembatani kesenjangan antara kota dan industri dengan membuat kontribusi signifikan terhadap kota berkelanjutan.

Secara global, EIP dan dalam hal ini UNIDO dengan dukungan pendanaan dari SECO sedang mengimplementasikan Global Eco Industrial Park Program (GEIPP) di Kolombia, Mesir, Indonesia, Peru, Afrika Selatan, Ukraina dan Vietnam.

Kebijakan pengembangan kawasan industri telah masuk ke generasi keempat, menyesuaikan dengan aspek industri cerdas dan berkelanjutan.

Karena itu Indonesia telah memasukkannya sebagai rencana dari adaptasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, dengan semakin mengembangkan EIP yang membawa inovasi dan infrastruktur untuk membangun lingkungan sosial dan lingkungan.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menambahkan, kebijakan tersebut telah menjadi kekuatan kunci dalam mengembangkan kawasan industri yang memiliki prinsip ramah lingkungan tersebut.

"Saat ini, terdapat sekitar 135 Kawasan Industri yang menempati 65 ribu hektare lahan dan berada di bawah pengawasan Kementerian Perindustrian," tuturnya.

Pemerintah juga mempromosikan dan mendorong kawasan-kawasan industri tersebut untuk bergerak menerapkan prinsip praktik industri yang lebih berkelanjutan dengan harapan EIP dapat dilaksanakan pada kawasan industri yang sudah ada maupun masih dalam tahap perencanaan.

Saat ini, terdapat tiga Kawasan Industri yang telah ditunjuk sebagai pilot project implementasi GEIPP, yaitu dua di Jawa Barat dan satu di Batam.

Kerja sama antara Indonesia, UNIDO, dan SECO melalui GEIPP akan memberikan struktur koheren dalam pengembangan kawasan industri ramah lingkungan dan keberhasilannya diyakini akan meningkatkan produktivitas sumber daya, ekonomi, lingkungan, sosial, dan kinerja bisnis, serta pemanfaatan teknologi industri 4.0.(OL-5)

Baca Juga

Ist/DPR

Anggota DPR Minta Pemerintah Tinjau Ulang Batas Baris Kemiskinan

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 03 Oktober 2022, 14:50 WIB
Anggota Komisi XI DPR RI Anis Byarwati mengatakan Bank Dunia menaikkan garis kemiskinan ekstrem dari 1,9 dolar AS menjadi 2,15 dolar AS...
Ist

Capai Kinerja Terbaik, Nicke Widyawati Dikukuhkan sebagai Dirut Pertamina untuk Dua Periode

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 03 Oktober 2022, 14:44 WIB
Nicke Widyawati dinilai oleh Pemegang Saham mampu mengantarkan Pertamina menjalankan transformasi perusahaan sekaligus meraih kinerja...
Antara

Perusahaan Besar Wajib Berikan Bantuan Pada Masyarakat Di Sekitar Lokasi Industrinya

👤Despian Nurhidayat 🕔Senin 03 Oktober 2022, 14:36 WIB
Kamar Dagang dan Industri Indonesia menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian untuk...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya