Kamis 28 April 2022, 20:13 WIB

Inflasi Jerman Cetak Rekor Tertinggi dalam 40 Tahun

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Inflasi Jerman Cetak Rekor Tertinggi dalam 40 Tahun

AFP/Ina Fassbender.
Konsumen mendorong kereta belanja melewati rak selama pembelian di supermarket di Duesseldorf, Jerman barat, pada 29 April 2020.

 

HARGA konsumen di Jerman naik pada kecepatan tercepat mereka dalam empat dekade. Data yang diterbitkan Kamis (28/4) menunjukkan hal itu. Ini karena invasi Rusia ke Ukraina mendorong harga energi.

Inflasi naik menjadi 7,4% pada April dari 7,3% pada Maret, menurut badan statistik federal Destatis. "Harga energi, khususnya, meningkat pesat sejak perang dimulai di Ukraina," kata Destatis dalam suatu pernyataan.

Terakhir kali harga naik pada kecepatan yang lebih cepat yaitu untuk Jerman Barat pada musim gugur 1981. Ini karena perang Iran-Irak menyebabkan harga minyak meningkat tajam.

Jerman, seperti banyak tetangganya di Eropa, sangat bergantung pada pasokan gas Rusia untuk memenuhi kebutuhan energinya. Pecahnya konflik membuat harga melonjak. 

Ancaman potensi penghentian pasokan dapat mendorong inflasi lebih tinggi jika terwujud. Pada Rabu, raksasa energi Rusia Gazprom menghentikan pengiriman ke Polandia dan Bulgaria karena menolak membayar dalam rubel.

Inflasi Jerman kemungkinan akan, "Naik lebih lanjut dalam beberapa bulan mendatang," kata Carsten Brzeski, kepala makro di bank ING, saat perang di Ukraina terus bergemuruh. Sementara melonjaknya biaya energi masih menjadi kekuatan pendorong utama di balik kenaikan harga, "Transportasi ke semua jenis sektor masih berjalan lancar," kata Brzeski.

Baca juga: Inflasi Australia Sentuh Level Tertinggi dalam 20 Tahun

Harga tahun-ke-tahun untuk energi dalam statistik inflasi naik 35,3%. Biaya makanan naik 8,5% di April, menurut Destatis. 

"Kemacetan pengiriman karena terputusnya rantai pasokan yang disebabkan oleh pandemi covid-19," juga berdampak pada inflasi, kata Destatis. Penguncian terkait virus korona di Tiongkok menyebabkan gangguan pengiriman dari pusat manufaktur utama. (AFP/OL-14)

Baca Juga

Ist/Kementan

Ketua KIP Apresiasi Pemanfaatan IT dalam Pengelolaan Informasi di Kementan

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 03 Juli 2022, 08:11 WIB
Ketua Komisi Informasi Pusat (KIP) Donny Yoesgiantoro menyambangi Kantor Pusat Kementerian Pertanian Jakarta pada Jumat...
Dok Modernland

Saat Pandemi, Modernland masih Mampu Catat Laba Rp458 M

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 23:10 WIB
Perseroan membukukan penjualan pemasaran Rp1,4 triliun. Segmen residensial mendominasi dengan Rp1,1 triliun, meski turun 18% ketimbang...
MI/BENNY BASTIANDY

Masuk Status Darurat, Daerah Dapat Geser Anggaran untuk Wabah PMK

👤 Indriyani Astuti 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 18:15 WIB
Untuk melakukan pergeseran anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD), kepala daerah dapat melakukan perubahan Peraturan Kepala Daerah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya