Minggu 24 April 2022, 14:25 WIB

Indonesia Butuh Anak Muda inovatif

M ilham Ramadhan | Ekonomi
Indonesia Butuh Anak Muda inovatif

Antara/Dhems Reviyanto
Menteri BUMN Erick Thohir

 

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, Indonesia perlu menyiapkan anak-anak muda yang memiliki literasi digital yang tinggi dan mampu berinovasi.

"Pada tahun 2030 mendatang, Indonesia akan membutuhkan 17 juta tenaga kerja untuk ekonomi digital," tutur Erick dalam dalam sambutannya pada acara Pre-Summit 2 Youth20 (Y20) Indonesia 2022: Transformation Digital yang dikutip dari siaran pers, Minggu (24/4).

Menurut Erick, ada kesamaan peran pemuda saat ini dengan pemuda tahun 1928 yang menggaungkan sumpah pemuda, yakni memperjuangkan kemerdekaan rakyat Indonesia meski dengan tantangan yang berbeda.

"Tantangan hari ini jauh lebih besar, yakni ketahanan kesehatan, disrupsi digital, dan krisis global supply chain. Tantangan ini perlu dipersiapkan dan dihadapi bersama agar anak muda mampu menjadi agen perubahan," kata dia.

Bonus demografi Indonesia saat ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk mencapai visi Indonesia 2045 menjadi negara maju. Dengan dominasi milenial dan Gen Z sebesar 54% dari total penduduk Indonesia, pembangunan di masa depan sangatlah bergantung pada pemuda.

"Tujuan kita adalah Human-Centered Society yang menyeimbangkan kemajuan ekonomi dan menyelesaikan masalah sosial, dengan sistem dunia nyata dan dunia maya yang terintegrasi," imbuh Erick.

"Kalau dulu kita mengenal program listrik masuk desa, sekarang kita masuk babak baru dengan WiFi masuk desa. Kita bangun konektivitas WiFi menggunakan akses satelit broadband yang dapat menjangkau seluruh wilayah ndonesia," tambahnya.

Adapun Y20 merupakan engagement group Bidang Pemuda dari G20 yang dihadiri oleh 100 pemimpin muda global dari 20 negara dengan ekonomi terbesar di dunia. Y20 menjadi sarana bagi para pemimpin muda untuk berdiskusi mengenai isu-isu paling mendesak yang dihadapi pemuda, khususnya di empat area prioritas pembahasan, yaitu ketenagakerjaan pemuda, transformasi digital, planet yang berkelanjutan dan layak huni, serta isu keberagaman dan inklusi. (Mir/E-1)

Baca Juga

ANTARA

Kadin Nilai Asumsi Dasar dan RAPBN 2023 Jadi Stimulasi Sektor Riil

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 16:43 WIB
Anggaran itu tercatat lebih tinggi dari belanja infrastruktur tahun ini yang diperkirakan mencapai Rp363,76...
Antara/Dhemas Reviyanto

Erick : Indonesia Berwibawa dan Dipercaya Dunia

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 16:28 WIB
Dalam upacara HUT RI ke-77 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (17/8) Menteri BUMN Erick Thohir menyebut dengan terpilihnya Presidensi G20,...
dok.PT Timah, tbk

Berpartisipasi Membangun Negara, Ini Catatan Setoran Pajak PT Timah Tbk

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 15:35 WIB
HARGA komoditas timah yang melejit di awal tahun 2022 turut mendorong peningkatan penerimaan Negara dari sektor pajak dan PNBP pada...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya