Minggu 17 April 2022, 15:06 WIB

Volume Keterisian KAI Selama Libur Panjang Periode Paskah Terisi 51%

Fetry Wuryasti | Ekonomi
Volume Keterisian KAI Selama Libur Panjang Periode Paskah Terisi 51%

ANTARA/Rivan Awal Lingga.
Penumpang berada di dalam kereta Cirebon Ekspres tujuan Cirebon di Stasiun Gambir.

 

VOLUME pelanggan kereta api jarak jauh selama periode libur panjang akhir pekan tercatat sebanyak 209.370 pelanggan. Libur panjang bertepatan dengan Hari Paskah.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat selama periode akhir pekan panjang atau long weekend tersebut, rata-rata pelanggan yakni sebanyak 52.343 pelanggan per hari.

Baca juga: Jaga Stok Bahan Pokok, Kementan Kolaborasi Gelar Pasar Mitra Tani di Medan

"Adapun okupansi KA Jarak Jauh pada periode tersebut yaitu 51 persen dari total tempat duduk yang disediakan," ujar Public Relations KAI Joni Martinus, Minggu (17/4)

Kereta yang paling banyak digunakan oleh para pelanggan selama libur akhir pekan ini yakni KA Airlangga relasi Pasar Senen–Surabaya Pasarturi (pp), disusul oleh KA Bengawan relasi Pasar Senen–Purwosari pp, KA Jayabaya relasi Pasar Senen–Malang pp, dan KA Sri Tanjung relasi Lempuyangan–Ketapang pp.

Masyarakat pengguna KAI diimbau agar melakukan vaksinasi dosis ketiga atau booster. Syarat ini tertuang dalam Surat Edaran (SE) Kemenhub No.39/2022.

"Di samping mengingatkan pelanggan terkait penerapan protokol kesehatan, di momen long weekend ini pula kami mengimbau kepada pelanggan untuk segera melakukan vaksin booster agar perjalanan dengan kereta api tetap sehat dan nyaman," tutur Joni.

Pelanggan KA jarak jauh yang sudah mendapatkan vaksin ketiga tidak perlu lagi menunjukkan hasil tes Covid-19 pada saat boarding. Bagi yang sudah mendapatkan vaksin dosis kedua, maka wajib melampirkan hasil negatif rapid test antigen dengan masa berlaku 1×24 jam atau RT-PCR dengan masa berlaku 3×24 jam. Sementara itu, jika baru mendapatkan vaksin dosis pertama, maka diwajibkan melampirkan hasil negatif RT-PCR dengan masa berlaku 3×24 jam.

Bagi yang belum atau tidak dapat divaksin karena kondisi medis atau komorbid, maka wajib melampirkan surat keterangan dari RS Pemerintah dan hasil negatif RT-PCR dengan masa berlaku 3×24 jam.

Bagi pelanggan usia 6-18 tahun yang saat ini belum bisa mendapatkan vaksin booster, maka tetap diharuskan untuk menunjukkan hasil tes Covid-19. Lalu, untuk pelanggan di bawah 6 tahun tidak harus menunjukkan bukti vaksin atau tes Covid-19 tapi harus didampingi oleh orang dewasa pada saat perjalanan.

Saat ini, KAI masih menyediakan layanan vaksinasi gratis bagi masyarakat dan pelanggan KA Jarak Jauh pada klinik Mediska milik KAI di berbagai daerah. Selain itu, KAI masih menyediakan 75 stasiun yang melayani rapid test antigen seharga Rp35.000.

"KAI akan terus menjaga penerapan protokol kesehatan serta pelayanannya di libur long weekend ini sebelum tiba peak season lainnya yaitu Angkutan Lebaran," kata Joni. (OL-6)

Baca Juga

Dok. Petrolimia  Gresik

Program Makmur Tingkatkan Produksi dan Pendapatan Petani Tebu

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 03 Juli 2022, 22:41 WIB
Hasil panen tebu para petani naik 37% yakni dari sebelumnya 116,5 ton per hektare menjadi 159,7 ton per...
Antara/Maulana Surya

Investasi Berkelanjutan Jadi Topik Pertemuan TIIWG G20 Kedua di Surakarta

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 03 Juli 2022, 21:05 WIB
Pertemuan TIIWG ini diharapkan dapat mempercepat terwujudnya transformasi...
Dok.Ist

Program Jawara Telah Bukukan Penjualan Rp2,5 M

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 03 Juli 2022, 20:41 WIB
Setiap Jawara yang saat ini sudah aktif memulai usahanya bisa mengantongi keuntungan perbulan hingga 2 juta...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya