Jumat 18 Februari 2022, 13:35 WIB

DPR Minta Korlantas Tindak Tegas Truk ‘Over Dimension Over Load’

mediaindonesia.com | Ekonomi
DPR Minta Korlantas Tindak Tegas Truk ‘Over Dimension Over Load’

Ist/DPR
Wakil Ketua Komisi V DPR RI Andi Iwan Darmawan Aras saat Rapat Kerja Komisi V DPR RI yang dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

 

WAKIL Ketua Komisi V DPR RI Andi Iwan Darmawan Aras mendorong adanya peningkatan sinergitas antara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dengan Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri dalam penanganan Over Dimension Over Load (ODOL) di jalan raya. Mengingat, Korlantas Polri secara wewenang dapat menghentikan pengoperasionalan truk-truk ODOL secara langsung di tempat.

Demikian disampaikan Andi Iwan saat hadir dalam Rapat Kerja Komisi V DPR RI yang dipimpin Ketua Komisi V DPR RI Lasarus dengan Menhub Budi Karya Sumadi, Korlantas Polri, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP/Basarnas) dan BMKG yang digelar secara fisik dan virtual di Ruang Rapat Komisi V DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (17/2).

Baca juga: Miliki Pantai Terpanjang Kedua Dunia, Seharusnya Indonesia Tidak Impor Garam

“Kami harap penanganan Over Dimension Over Load harus terus dapat ditingkatkan yakni selain peningkatan fungsi jembatan timbang juga diharapkan Korlantas Polri bisa membantu Kemenhub dengan bertindak lebih tegas di jalan yang akan sangat efektif dapat membantu  tugas Kemenhub dalam penanganan Over Dimension Over Load,” ujar politikus Partai Gerindra tersebut.

Andi Iwan mengungkapkan, penanganan ODOL akan lebih berjalan optimal jika Korlantas dapat turut serta membantu Kemenhub. Mengingat, penegakan aturan hukum wewenangnya ada di Kakorlantas Polri untuk dapat menghentikan pengoperasionalan truk-truk tersebut.

“Saya berharap adanya pendisiplinan dan tindakan yang betul-betul konsisten dijalankan oleh Korlantas. Sehingga, tentunya para pengusaha truk  Over Dimension Over Load ini mau tidak mau harus mengikuti peraturan,” tegas Aras.(RO/OL-09)

Baca Juga

Antara

PLN Kebut Proyek Kelistrikan di Kawasan Industri Kalsel

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 23:39 WIB
Salah satunya, pengembangan Sebuku Indonesia Industrial Park (SIIP) di Pulau Sebuku, Kabupaten...
Ist

Sandiaga Uno Dorong Pelaku Ekonomi Kreatif Jadi Kunci Kebangkitan Ekonomi

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 22:32 WIB
Sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dapat terus berkembang, dan inovasi serta kolaborasi para entrepreuner jadi kunci kebangkitan ekonomi...
MI/ Abdillah M Marzuqi

Hari Pelaut Sedunia 2022 Momentum Lahirnya UU Pelaut

👤Abdillah M Marzuqi 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 22:25 WIB
Menurut Hakeng, hingga saat ini, profesi pelaut masih membutuhkan instrumen peraturan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya