Kamis 20 Januari 2022, 12:54 WIB

Presiden Jokowi: Tahun 2022 Momentum Akselerasi Pemulihan Ekonomi

Dhika Kusuma Winata | Ekonomi
Presiden Jokowi: Tahun 2022 Momentum Akselerasi Pemulihan Ekonomi

ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Presiden Joko Widodo menyebutkan saat ini Indonesia berada dalam fase penting pemulihan ekonomi.

 

PRESIDEN Joko Widodo menyebutkan saat ini Indonesia berada dalam fase penting pemulihan ekonomi setelah pada 2021 diselimuti berbagai ketidakpastian. Presiden menyatakan 2022 ini akan menjadi momentum percepatan pemulihan ekonomi.

"Tahun 2022 akan menjadi momentum, ini akan menjadi momentum dan penanganan pandemi sudah semakin terkendali. Meskipun hati-hati masih ada varian omikron yang harus diwaspadai," ucap Presiden saat menghadiri Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan 2022 secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Kamis (20/1).

Presiden Jokowi menyampaikan indikator-indikator ekonomi terus menunjukkan perbaikan-perbaikan. Stabilitas perekonomian dan sistem keuangan tetap terjaga dengan baik dan memiliki fondasi yang kuat untuk melakukan akselerasi pemulihan.

Dari sisi pemanganan kesehatan, saat ini sudah disuntikkan 301 juta vaksin kepada masyarakat dengan dosis pertama mencapai 85%, dosis kedua 58%. Program vaksin penguat (booster) juga sudah dimulai sejak 12 Januari lalu.

"Penanganan pandemi yang semakin baik ini harus kita pakai untuk membangkitkan optimisme, memberikan keyakinan, memberikan kepercayaan yang lebih besar kepada masyarakat dan kepada para pelaku usaha untuk segera melanjutkan aktivitas ekonomi dan aktivitas-aktivitas produktif lainnya," ungkapnya.

Jokowi menyampaikan meski kinerja ekonomi sektor riil terus membaik, kewaspadaan perlu tetap dilakukan terhadap perkembangan pandemi khususnya terkait varian omikron.

Kepala Negara juga mengingatkan dinamika ekonomi global yang penuh ketidakpastian. Kelangkaan pangan, kelangkaan energi, kelangkaan kontainer, kenaikan inflasi, kenaikan harga produsen, harus terus dipantau karena akan turut berdampak ke Indonesia.

"Saya kira persoalan-persoalan itu harus terus kita ikuti karena dampaknya pasti ada terhadap negara kita," ujarnya. (Dhk/OL-09)

Baca Juga

Ist

BPJAMSOSTEK Beri Penghargaan kepada Sejumlah Perusahaan

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 15:56 WIB
Penghargaan tersebut diberikan kepada perusahaan yang telah berkontribusi besar terhadap coverage BPJS Ketenagakerjaan melalui perlindungan...
ANTARA/SIGID KURNIAWAN.

G20 Dorong Pemulihan Ekonomi di tengah Eskalasi Tantangan Global

👤Fetry Wuryasti 🕔Kamis 26 Mei 2022, 15:41 WIB
Dalam pertemuan tersebut, juga hadir beberapa pembicara eksternal dari kalangan akademisi dan pelaku pasar yang turut memberikan beragam...
DOK BNI

BNI JJF 2022 Makin Pecah, BNI Pamerkan Metaverse hingga Siapkan Hadiah iPhone 13 Pro

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 14:18 WIB
Direktur Bisnis Konsumer BNI Corina Leyla Karnalies menuturkan bahwa animo masyarakat terhadap gelaran acara ini sangat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya