Kamis 16 Desember 2021, 19:07 WIB

Menparekraf : AKI 2021 Tepat Sasaran akan Dapat Tingkatkan Omzet

mediaindonesia.com | Ekonomi
Menparekraf : AKI 2021 Tepat Sasaran akan Dapat Tingkatkan Omzet

Ist
Menparekraf Sandiaga Uno (tengah) memberi pemaparan dalam acara Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2021.

 

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparejraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan Presiden Joko Widodo sangat berharap sektor pariwisata dan ekonomi Kreatif mampu membuka lapangan kerja lebih banyak.

Saat ini sektor pariwisata dan ekonomi kreatif telah membuka lapangan kerja terbanyak 34 juta tenaga kerja.

Hal ini disampaikan Menparekraf dalam Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2021, pekan ini di atrium Gandaria City Mall, Jakarta.

Dalam keterangan pers, Kamis (16/12), Sandiaga mengatakan bahwa Kemenparekraf akan memperkuat sektor ekonomi kreatif yang bersanding erat dengan sektor pariwisata.

Selain itu, Kemenparekraf juga melakukan pendampingan dan mentoring juga memberikan pelatihan-pelatihan (workshop) agar usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) semakin tumbuh dan berkembang dengan baik.

Harapannya, para pelaku usaha bisa mengambangkan produknya baik secara kualitas dan kuantitas.

Sandiaga mengungkapkan, inovasi adalah kunci bagi para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk bertahan saat pandemi, khususnya jelang masa Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Sandi mengungkapkan, adanya Areif Yahya dan Triawan Munaf dalam acara AKI 2021 tersebut menunjukan kekompakan pariwisata dan ekonomi kreatif. Pasalnya pada tahun depan sektor ekraf akan dikembangkan untuk bisa menghasilkan lapangan pekerjaan.

“Karena tiga Isu utama pada tahun depan adalah peningkatan lapangan kerja semuanya dari sektor ekraf dan pariwisata,” kata Sandi yang disetujui Mantan Ketua Barekraf Triawan Munaf. 

Menurut Menparejraf, selain pendampingan, workshop, inkubasi dan juga pameran menjadi yang utama bagi para UMKM ini. Selain itu ada juga pembiayaan. “Kalau selama tiga hari ini kita hanya tampilkan pameran aja.

Inovasi diyakini dapat membuka peluang usaha dan lapangan kerja luas bagi masyarakat. Terlebih, UMKM memainkan peran penting sebagai tulang punggung perekonomian bangsa, dengan 60 persen dikontribusikan oleh sub sektor kuliner, kriya, dan fesyen.

Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2021 yang telah berjalan di 16 kota dengan mengangkat tema ‘Produk Indonesia untuk Ekonomi Kuat’ memang berfokus untuk peningkatan dari produk UMKM.

Dari pelaksanaan AKI 2021, Sandiaga mengakui bahwa pendampingan dan mentoring yang diberikan melalui program AKI ini terbukti mampu tingkatkan pendapatan peserta UMKM 10 kali lipat.

Dalam workshop yang diberikan oleh Kemenparekraf, diharapkan mampu membuat pahlawan-pahlawan ekonomi atau UMKM yang membangkitkan ekonomi, menciptakan lapangan kerja. Sehingga Indonesia bangkit dan kuat.

Sandiaga menegaskan, workshop yang dilakukan oleh kemenkraf bertujuan mempersiapkan pelaku usaha menghadapi libur Natal dan Tahun Baru. Sehingga, para pelaku UMKM dapat tetap berkreasi dalam bingkai protokol kesehatan yang ketat dan disiplin.

"Juga kita siapkan mereka untuk memasuki era baru, pariwisata dan ekonomi kreatif yang berbasis teknologi dan berbasis desain," ujar Sandiaga. (RO/OL-09)

 

Baca Juga

Dok.KOBX

Laba Bersih Triwulan I Kobexindo Meroket 295%

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 16 Mei 2022, 18:45 WIB
Tren positif alat berat, khususnya pertambangan akan berlanjut setidaknya hingga akhir tahun...
AFP/Sam Panthaky.

Miliarder Gautam Adani Akuisisi Perusahaan Semen Holcim India

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 16 Mei 2022, 18:39 WIB
Saham Ambuja Cments naik 3,80%. Saham di ACC Ltd naik 6% di Mumbai setelah pengumuman...
Antara/M N Kanwa

Sinergi Bank Raya dan BRI, Bidik Pencairan Pinjaman Rp7,7 Triliun Lewat Agen BRILink

👤Mediandonesia.com 🕔Senin 16 Mei 2022, 18:32 WIB
Agen BRILink merupakan salah satu bagian penting yang tak terpisahkan dalam mewujudkan strategi BRIVolution...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya