Kamis 25 November 2021, 10:35 WIB

Gini Lho, Cara Mudah Cek Skor Kredit untuk Memuluskan Pengajuan Pinjaman Anda!

mediaindonesia.com | Ekonomi
Gini Lho, Cara Mudah Cek Skor Kredit untuk Memuluskan Pengajuan Pinjaman Anda!

DOK INDODANA

 

BEBERAPA waktu lalu sempat tersiar banyak kabar tentang masyarakat yang tidak bisa mengajukan kartu kredit karena tersendat tunggakan cicilan. Setelah ditelusuri, tunggakan cicilan tersebut berasal dari layanan kredit lain.

Dengan skor kredit yang buruk, mustahil seseorang bisa mengajukan layanan pinjaman uang di lembaga keuangan mana pun. Baik itu bank atau lembaga keuangan berbasis digital yang resmi. Skor kredit menjadi salah satu bahan pertimbangan utama dalam mengabulkan permintaan kredit calon nasabahnya.

Terdapat 5 kategori kolektabilitas atau skor kredit. Yaitu, kategori 1 atau lancar, kategori 2 atau dalam perhatian khusus, kategori 3 atau kurang lancar, kategori 4 atau diragukan, dan kategori 5 atau macet. Biasanya, pengajuan pinjaman akan ditolak jika nasabah memiliki skor kredit di kategori 3, 4, atau 5.

Mengetahui pentingnya peran skor kredit tersebut, Anda mungkin merasa penasaran bagaimana cara mengeceknya. Tenang saja, memeriksa skor kredit bisa dilakukan dengan mudah, kok. Untuk lebih jelasnya, beginilah cara mengecek skor kredit secara online.

1. Lakukan Registrasi
Hal pertama yang perlu dilakukan untuk mengecek skor kredit secara online adalah melakukan registrasi. Proses registrasi ini bisa dilakukan dengan mengunjungi laman https://konsumen.ojk.go.id/minisitedplk/registrasi.

2. Isi Jenis iDeb dan Tanggal Antreannya
Setelah melakukan registrasi, Anda perlu memilih jenis iDeb atau informasi debitur serta tanggal antreannya. Isi kantor pusat OJK di Jakarta pada kolom kantor, dan untuk tanggal layanannya adalah tanggal di mana iDeb SLIK akan diberikan melalui e-mail. 

3. Isi Seluruh Informasi yang Diminta
Langkah yang ketiga, nasabah akan diminta untuk mengisi seluruh informasi yang diminta dengan lengkap dan sebenar-benarnya di formulir yang sudah disediakan. Beberapa informasi yang diminta tersebut meliputi, nama lengkap nasabah, NIK, nomor telepon HP, alamat e-mail, alamat rumah lengkap, dan lain sebagainya. Penting untuk mengisi informasi ini dengan akurat karena akan dilakukan proses verifikasi untuk memastikan kebenarannya dan berkaitan dengan langkah pengajuan selanjutnya. 

4. Unggah Dokumen yang Diperlukan
Keempat, debitur akan diminta untuk mengupload atau mengunggah foto serta scan berkas asli yang diperlukan. Dalam pengajuan informasi skor kredit, Anda perlu melampirkan sejumlah dokumen pribadi, seperti, KTP bagi WNI, atau paspor bagi WNA, identitas pengurus untuk badan usaha yang dapat berupa KTP maupun paspor, NPWP dari badan usaha, serta akta pendirian maupun anggaran dasar yang pertama. Pastikan dokumen yang diminta tersebut bisa dilengkapi semuanya dan diunggah dengan kualitas gambar yang jelas agar proses verifikasi tidak terganggu. 

Khusus untuk pengajuan iDeb melalui perwakilan atau ahli waris, terdapat dokumen tambahan yang perlu dilampirkan, yaitu, foto atau scan surat atau akta keterangan kematian serta surat atau akta keterangan ahli waris. 

5. Tunggu E-Mail Bukti Registrasi
Kemudian, setelah seluruh alur pengajuan di atas selesai dilakukan, Anda hanya perlu menunggu hingga e-mail dari OJK dikirim. Surat elektronik tersebut berisi bukti pendaftaran atau registrasi pada antrean SLIK online dan biasanya akan diproses dalam waktu beberapa hari saja.  

6. Proses Verifikasi Sedang Dilakukan
Setelah e-mail dari OJK terkait bukti registrasi telah diterima, OJK tengah melakukan proses verifikasi dari data yang sudah Anda kirimkan sebelumnya. Apabila proses verifikasi tersebut berjalan lancar, dalam kata lain tidak ada informasi atau berkas yang dicurigai tidak akurat atau palsu, nasabah akan menerima e-mail lanjutan dari OJK yang menginformasikan hasil dari verifikasi antrean SLIK OJK online. 

Sebaliknya, jika diketahui ada berkas yang tidak akurat atau kurang jelas, nasabah akan diminta untuk memperbaikinya. Biasanya, e-mail yang menginformasikan hasil verifikasi antrean SLIK online akan dikirimkan paling lambat 2 hari sebelum tanggal antreannya. Jadi, jangan lupa untuk mengecek e-mail agar tidak melewatkan pemberitahuan tersebut.  

7. Ikuti Instruksi yang Tertulis pada E-Mail
Langkah yang terakhir, jika data dan juga dokumen yang dilampirkan sudah memenuhi persyaratan dan dinyatakan valid, nasabah akan diminta untuk menjalankan seluruh instruksi yang tercantum pada e-mail dari OJK. Instruksi tersebut meliputi mencetak formulir di e-mail guna melengkapi informasi dan membubuhkan tanda tangan sebanyak 3 kali. 

Kemudian, nasabah diminta untuk memfoto atau menscan formulir tersebut dan mengirimnya ke kontak Whatsapp yang tercantum pada e-mail dan foto selfie sambil menunjukkan KTP. Kemudian, proses verifikasi lanjutan akan dilakukan oleh OJK dan melalui video call jika diperlukan. Saat verifikasi tersebut selesai dilakukan dan hasilnya lolos, OJK akan mengirim hasil dari iDeb SLIK dan juga cara membacanya melalui e-mail. 

Pastikan Skor Kredit Bersih agar Lancar Melakukan Pengajuan Pinjaman
Skor kredit yang bersih merupakan salah satu penentu utama apakah pengajuan kredit akan disetujui atau tidak oleh lembaga keuangan. Untuk mengeceknya, Anda bisa melakukan langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas. 

Jika memiliki pertanyaan lain terkait SLIK dan cara memeriksanya, Anda bisa menghubungi OJK pada saluran telepon di nomor 157, alamat e-mail konsumen@ojk.go.id, atau via Whatsapp pada nomor 081 157157157. (RO/OL-10)
 

Baca Juga

Dok. Property.co.id

Dukung Pengembangan Pariwisata di Pandeglang, Property,.co.id Bangun Resort

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Minggu 05 Desember 2021, 11:51 WIB
peluncuran Property.co.id di Tanjung Lesung diharapkan dapat membantu pengembangan sektor pariwisata khususnya di wilayah kabupaten...
Ist

Sandiaga: Santri Digitalpreneur Tingkatkan Kapasitas SDM dan Buka Lapangan Kerja

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 05 Desember 2021, 09:29 WIB
Dalam menghadapi era industri 4.0 yang serba digital, Indonesia membutuhkan sumber daya manusia yang profesional, kempetitif, dan...
Dok Kemenparekraf

Sertifikasi CHSE di Lokasi Wisata Kini Dilengkapi SNI

👤Iis Zatnika 🕔Minggu 05 Desember 2021, 06:00 WIB
Standar Nasional Indonesia (SNI) dan Skema Akreditasi CHSE (Cleanliness, Healthy, Safety & Environment Sustainability) untuk sektor...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya