Jumat 22 Oktober 2021, 22:23 WIB

Gagasan Indonesia Jadi Pionir Pemulihan Penerbangan Global

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Gagasan Indonesia Jadi Pionir Pemulihan Penerbangan Global

Antara/Yulius Satria Wijaya
Sejumlah pesawat bersiap lepas landas di Bandara Internasional Soekanro-Hatta

 

MENTERI Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan, gagasan Indonesia dalam upaya pemulihan dan ketahanan penerbangan sipil global diterima dan menjadi kesepakatan bersama yang dituangkan dalam sebuah deklarasi bersama. 

Deklarasi tersebut merupakan hasil dari rangkaian Pertemuan Tingkat Menteri anggota Organisasi Penerbangan Sipil Dunia/International Civil Aviation Organization (ICAO) High Level Conference on Covid-19 (HLCC) 2021, Jumat (22/10). 

"Kami berharap deklarasi ini dapat menjadi katalis bagi negara anggota untuk menyelaraskan pelaksanaan pemulihan penerbangan global," ujar Menhub dalam keterangan resmi. 

Dia mengatakan, isi dari deklarasi tersebut salah satunya memasukan gagasan dari Indonesia, yang menginginkan adanya penyelarasan strategi manajemen resiko antar negara anggota ICAO, agar pemulihan dapat dilakukan dengan aman dan turut mendukung kebangkitan ekonomi secara global 

Baca juga : Virtual Tour ke Warisan Tambang Batu Bara Ombilin

“Deklarasi ini merupakan upaya kita bersama untuk pemulihan dan ketahanan penerbangan sipil global,” ucap Budi. 

Menhub berharap, pertemuan itu akan membawa hasil positif, dalam bentuk komitmen global, untuk pemulihan penerbangan sipil baik nasional, regional, maupun global dengan aman dan efisien. 

Acara ICAO HLCC diikuti oleh Negara ICAO sejumlah 129 Negara, dengan total 1.574 delegasi peserta, serta diikuti pula oleh Organisasi Internasional (OI) sebagai Observer sejumlah 38 Organisasi dengan 196 delegasi peserta. 

Kemenhub menyampaikan, tujuan konferensi itu untuk mencapai konsensus global dalam upaya pemulihan penerbangan yang aman dan efisien dari krisis covid-19. (OL-7)

Baca Juga

 ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Menkeu: Tema G20 Jangan Hanya Jadi Jargon Saja, Tapi Tanggung Jawab Bersama

👤 Despian Nurhidayat 🕔Kamis 09 Desember 2021, 17:22 WIB
Forum G20 tidak hanya soal komunitas, tapi menurutnya yang paling penting adalah aksi kebijakan yang dapat membangun kepercayaan bagi...
Antara/Olha Mulalinda

Ada Peningkatan Permintaan saat Nataru, Ini Antisipasi Pertamina Patra Niaga

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 09 Desember 2021, 16:36 WIB
Per 7 Desember, ketahanan stok untuk seluruh produk bahan bakar minyak rata-rata berada di atas 19 hari, LPG di atas 14 hari, dan Avtur 35...
Ist/OJK

Sektor Jasa Keuangan Stabil dan Membaik, OJK Siapkan Tujuh Fokus Kebijakan 2022

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 09 Desember 2021, 16:35 WIB
OJK mencatat kondisi sektor jasa keuangan hingga Desember 2021 ini dalam kondisi stabil dengan kinerja yang membaik seiring dengan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya