Jumat 17 September 2021, 13:55 WIB

Bangkitkan Industri Kreatif, Jakarta Bangun Program Jumat Beli Lokal

Putri Anisa Yuliani | Ekonomi
Bangkitkan Industri Kreatif, Jakarta Bangun Program Jumat Beli Lokal

Antara/Maulana Surya
Ilustrasi - Perajin memperlihatkan cara membuat wayang kulit di Solo Art Market

 

TIDAK dipungkiri UMKM merupakan salah satu yang paling terkena dampak covid-19. Berdasarkan data dari Kementerian Koperasi dan UKM, sebanyak 30 juta atau 48,6% pelaku UMKM gulung tikar karena menurunnya permintaan akibat terbatasnya aktivitas usaha. Untuk itu, dibutuhkan berbagai upaya dan dukungan pemerintah guna membantu dan membangkitkan industri UMKM. Salah satunya, dengan membantu dalam hal pemasaran.

Sebagai langkah menggeliatkan kembali UMKM, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta turut memfasilitasi pemasaran produk bagi anggota yang tergabung dalam Jakpreneur melalui event Jumat Beli Lokal yang diselenggarakan secaran daring. Jakpreneur binaan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta pun ikut terlibat sebagai bagian dari upaya membangkitkan industri kreatif lokal di Ibu Kota.

Baca juga: Insentif PPnBM Berikan efek Berganda bagi Perekonomian

Plt Kepala Disparekraf DKI Jakarta, Gumilar Ekalaya, menyampaikan, pada edisi perdana Jumat Beli Lokal yang diadakan pekan lalu, Jumat (10/9), terdapat 6 binaan yang mengikuti program tersebut. Sedangkan, pada hari ini, Jumat (17/9), terdapat 7 binaan yang mengikuti Jumat Beli Lokal.

“Keterbatasan ruang gerak karena pandemi covif-19 tidak menghambat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk tetap memberikan berbagai upaya dalam membantu pelaku-pelaku industri subsektor ekraf yang berbasis produk fisik seperti subsektor kuliner, kriya, dan fashion dalam segi pemasaran. Kemudahan akses pemasaran produk secara digital harus bisa dimanfaatkan, salah satunya dengan diselenggarakannya Jumat Beli Lokal," ungkapnya dalam keterangan resmi, pada Jumat (17/9).

Keikutsertaan binaan dalam Jumat Beli Lokal ini juga sebagai bentuk manfaat yang bisa dirasakan oleh anggota Jakpreneur. Selain itu, pelaku ekonomi kreatif yang menjadi anggota Jakpreneur juga mendapatkan manfaat lain, seperti pelatihan, pendampingan, pengembangan usaha, dan akses permodalan.

Lebih lanjut, Gumilar berharap, dengan adanya Jumat Beli Lokal ini, masyarakat dapat semakin dekat dengan berbagai produk industri kreatif lokal dan membelinya. Sehingga, dapat membantu dan memberikan semangat para pelaku industri kreatif lokal untuk bangkit di tengah pandemi covid-19.

Salah satu produk binaan Disparekraf Provinsi DKI Jakarta yang mengikuti event Jumat Beli Lokal adalah Dcraft Indonesia yang menjual berbagai alat makan berbahan 100% kayu. Untuk produk lainnya dari binaan Jakpreneur Disparekraf DKI Jakarta bisa dibeli melalui tautan berikut : https://tokopedia.link/jakpreneurofficial.

Disparekraf DKI Jakarta juga masih membuka kesempatan bagi pelaku usaha yang ingin tergabung menjadi anggota Jakpreneur. Pendaftaran bisa dilakukan dengan mengunjungi tautan https://linktr.ee/ekrafjkt.

"Mari bergabung dengan Jakpreneur untuk mendapatkan berbagai fasilitas yang dapat menunjang usaha. Produk kreatif lokal tidak kalah saing dengan produk-produk luar negeri. Dibutuhkan dukungan masyarakat untuk sama-sama membantu memajukan produk lokal Indonesia, khususnya di Jakarta," pungkasnya. (OL-6)

Baca Juga

DOK KEMENTAN

Suara Kementan Upaya Satu Pintu Data dan Informasi Kementerian Pertanian

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 25 Oktober 2021, 19:21 WIB
Pemerintah pada dasarnya juga bisa menggunakan buzzer...
DOK KEMENTAN

Puncak HPS ke-41 di Masa Pandemi, Momentum Kementan Buktikan Stok Produksi Pangan Aman

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 25 Oktober 2021, 18:45 WIB
Setiap tahun produksi beras Kabupaten Cirebon surplus dengan rata-rata 90.000 ton per tahun dan berkontribusi terhadap swasembada beras...
Dok Jims Honey

Produk Fesyen Lokal Jims Honey Buka Gerai Offline Store Pertama

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 25 Oktober 2021, 18:35 WIB
Selama ini Jims Honey hanya menjual dan memperkenalkan produk-produknya secara online dan melalui...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Proyek Strategis Terus Melaju

Pemerintah perlu melakukan berbagai langkah extraordinary agar realisasi PSN dapat berjalan lebih maksimal.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya