Sabtu 11 September 2021, 14:30 WIB

Ekosistem UMKM Digital Jadi Fondasi untuk Pulihkan Ekonomi

Budi Ernanto | Ekonomi
Ekosistem UMKM Digital Jadi Fondasi untuk Pulihkan Ekonomi

DOK IST
Dari kiri: Jusuf Al-Kaffi (Kadin), Eddy Ganefo (Kadin), Aldi Sky Wungkana (Blackstone Capital), Rinaldi Yulias (Blackstone Capital).

 

PERUSAHAAN mitra ventura PT Blackstone Kapital Indonesia (Blackstone Capital) bermitra dengan Kadin untuk membangun ekosistem UMKM secara digital di Tanah Air. 

Perusahaan yakin kerja sama itu adalah langkah strategis awal yang sangat tepat. Diharapakan pemerintah pusat, pemerintah daerah, perbankan, koperasi, organisasi kemasyarakatan, dan komunitas dapat terlibat secara aktif.

"Teknologi digital memberikan kesempatan yang sama bagi setiap orang. Perlu inovasi, modal dan kemampuan cara berpikir yang baru. Pendekatan kami melalui Ekosistem UMKM Digital 4.0 diharapkan dapat menjadi fondasi untuk memulihkan ekonomi", ujar Aldi Sky Wungkana selaku founder dan Managing Partner Blackstone Capital dalam keterangannya, Sabtu (11/9).

"Tantangan pasti ada, tapi membangun ekosistem UMKM secara digital bukan perkara sulit, selama didukung oleh pemerintah, pihak swasta dan masyarakat itu sendiri. Oleh karena, untuk mewujudkan hal ini, kami melakukan pendekatan dengan Kadin untuk akselerasi," sambung dia.

Sementara Eddy Ganefo, Ketua Umum Kadin, mengatakan pihaknya akan berupaya sekuat tenaga untuk melibatkan semua pihak yang dapat mendorong program ini, termasuk pemerintah, perbankan, universitas dan organisasi terkait lainnya.

Peran ekonomi digital dalam meningkatkan UMKM pastinya akan memiliki dampak yang saling berkaitan juga pada perekonomian daerah. Seperti diketahui, hasil riset menunjukkan bahwa ketersediaan SDM dan infrastruktur digital di daerah masih terbatas, sehingga cukup sulit jika ingin meningkatkan ekonomi melalui teknologi digital.

"Keterbatasan infrastruktur digital dan SDM dapat diatasi," ujar Rinaldi Yulias, COO & Partner Blackstone Capital. "Dengan mengalokasikan sebagian penyaluran Dana Desa untuk pendampingan masyarakat dalam peningkatan daya saing UMKM," terangnya.

Kemudian, membuat ekosistem terpadu seperti Ekosistem UMKM Digital 4.0 yang digagas oleh Blackstone Capital sehingga tercipta akses pelaku UMKM desa kepada pasar. Terakhir, membangun infrastruktur digital di setiap desa. Kemampuan akses masyarakat terhadap internet harus ditingkatkan supaya dapat turut berpartisipasi dalam ekonomi digital.

Internet merupakan salah satu fasilitas yang akan dibangun oleh Blackstone Capital bersama para mitra usahanya. Untuk saat ini, akses internet tersebut rencananya akan dimulai dari Pulau Jawa, kemudian menggarap seluruh wilayah Indonesia untuk menyediakan internet murah bagi UMKM dan semua orang.

Baca juga: Bantu Selamatkan UMKM, OJK dan Perbankan Diapresiasi

Dalam platform Ekosistem UMKM Digital ini, Blackstone Capital juga menghadirkan fitur Market Intelijen (MI), eTrading (eTrade) dan eLogistik (eLog) untuk ekspor yang mudah dipahami oleh para pelaku UMKM.

Fitur ini akan menunjukkan barang apa saja yang dibutuhkan oleh negara yang dituju secara detail, kemudian mereka dapat memproduksi barang dalam jumlah tersebut untuk melakukan penetrasi pasar di negara tujuan. Platform ini juga juga sangat efektif untuk pasar domestik, ditambah kami sudah menyiapkan logistik yang tersebar lebih dari 25 kota.

"Ekosistem Digital UMKM 4.0 ini memiliki fitur andalan, selain Market Intelijen (MI), Marketplace, eTrade, dan eLogistik, yaitu adanya fitur Pasar Modal UMKM (eDana) yang diyakini akan menjadi akselerator UMKM 4.0 di Indonesia", ujar Aldi.

Dengan hadirnya Ekosistem UMKM Digital 4.0, penguasaan sumber daya informasi, dukungan market intelejen, marketplace, eTrading, eLogistik dan eDana ini, maka sejumlah persoalan yang selama ini menjadi persoalan bagi pelaku UMKM Indonesia seperti keterbatasan permodalan, teknologi dan pengiriman barang bisa teratasi. (R-3)

Baca Juga

Ozan KOSE / AFP

Masyarakat Diimbau Investasi Aset Kripto yang terdaftar di Bappebti

👤Despian Nurhidayat 🕔Jumat 03 Desember 2021, 14:04 WIB
SWI telah menghentikan satu entitas yaitu PT Rechain Digital Indonesia yang melakukan perdagangan aset kripto Vidy Coin dan Vidyx tanpa...
Antara

Dorong Industri Jasa Tumbuh, Pemerintah Siapkan Banyak Program

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Jumat 03 Desember 2021, 13:07 WIB
Beberapa industri jasa justru melesat selama pandemi terjadi. Beberapa industri jasa yang bertumbuh di tengah pandemi ialah jasa informasi...
Ist/DPR

DPR Siap Kawal Terwujudnya Indonesia Jadi Pusat Industri Halal Dunia

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Desember 2021, 12:59 WIB
Indonesia harus menjadi pelaku utama sebagai produsen produk halal global yang nilai ekonominya mencapai US$2,2...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya