Kamis 19 Agustus 2021, 17:09 WIB

Kadin Awasi Sektor Esensial yang Beroperasi 100% Selama PPKM

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Kadin Awasi Sektor Esensial yang Beroperasi 100% Selama PPKM

Antara
Ilustrasi

 

KAMAR Dagang dan Industri Indonesia menegaskan akan terus mengawasi perusahaan-perusahaan pada sektor esensial yang saat ini beroperasi penuh 100% selama PPKM, agar terus patuh terhadap protokol kesehatan (prokes)

"Kami memiliki tanggung jawab moral yang sangat besar terhadap prokes agar kasus covid-19 ini tidak lagi meledak," kata Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Pengembangan Otonomi Daerah Sarman Simanjorang kepada wartawan, Kamis (19/8).

Pemerintah sendiri mencatat ada 268 perusahaan yang terdaftar dengan jumlah karyawan mencapai 448 ribu orang yang akan melaksanakan uji coba pembukaan penuh perusahaan sektor esensial dan orientasi ekspor.

Sarman mengharapkan, dengan prokes yang ketat dan disiplin, ada penurunan level PPKM dari daerah-daerah.

"Kita pastikan bahwa seluruh pekerja pada ujicoba pembukaan perusahaan sektor esensial dan berorientasi ekspor patuh dan taat prokes. Kami ingin mengawal agar level PPKM turun dari 4 ke 1," jelas Sarman.

Baca juga : Pertahankan Pelanggan dan Gaet Pembeli Potensial melalui Platform Digital

Menurutnya, kalau uji coba ini berhasil dengan tidak adanya lonjakan kasus covid-19 atau menimbulkan klaster baru, akan berdampak pada keputusan pemerintah dengan mempertimbangkan membuka sektor usaha lain secara penuh.

"Hal ini akan sejalan dengan pemerintah mempersiapkan roadmap menangani korona, yang mana semua aktivitas ekonomi dan masyarakat diwajibkan untuk divaksin," tandas Sarman.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta perusahaan yang masuk dalam sektor esensial dan orientasi ekspor agar tidak abai dalam penerapan protokol kesehatan saat beroperasi penuh di masa perpanjangan PPKM.

“Saya tidak mau lagi karena kelengahan dan ketidakdisiplinan kita nanti delta varian ini naik lagi, saya mohon diperhatikan," kata Luhut dalam keterangannya saat memimpin rakor tersebut. (OL-2)

 

Baca Juga

DOK Sinar Mas Land.

NavaPark Raih Greenship Neighborhood Platinum Pertama dari GBCI

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 30 September 2022, 20:38 WIB
Sertifikasi Greenship Neighborhood menitikberatkan pada sertifikasi untuk kawasan baik yang ingin dirancang maupun yang sudah...
Ist

PT MHU Raih Lima Penghargaan Kaidah Pertambangan dari Kementerian ESDM

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 30 September 2022, 19:56 WIB
Direktur MHU Achmad Zuhraidi menyampaikan bahwa pihaknya selalu menjadikan kaidah pertambangan yang baik dengan aspek pengelolaan...
Dok. PT Conwood Indonesia

Ikut Jaga Lingkungan, Conwood Luncurkan Inovasi Produk Dekoratif Pengganti Kayu

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 30 September 2022, 19:55 WIB
Conwood Beyond diproses sehingga menyerupai kayu asli hingga ke serat-seratnya dan cocok sebagai material...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya