Rabu 28 Juli 2021, 14:26 WIB

Tiga Hal untuk Penguatan Fondasi Ekonomi

Despian Nurhidayat | Ekonomi
Tiga Hal untuk Penguatan Fondasi Ekonomi

Antara/Aprillio Akbar.
KRL melintas dengan latar belakang permukiman penduduk dan gedung bertingkat di Jakarta, Selasa (13/7).

 

TRANSFORMASI ekonomi merupakan salah satu langkah untuk menopang basis pertumbuhan ekonomi yang sehat. Pemulihan dan transformasi ekonomi perlu berjalan beriringan sebagai satu langkah sinergi dalam mengakselerasi kegiatan di sektor riil serta kembali mengarahkan kinerja ekonomi ke lintasan pertumbuhan potensialnya.

Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) sekaligus Ketua Bidang II untuk Kajian dan Perumusan Kebijakan Pengurus Pusat ISEI (Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia) Dody Budi Waluyo menyampaikan hal itu dalam pembukaan diskusi publik BI–ISEI Kawasan Timur Indonesia (KTI) secara virtual, Rabu (28/7). Dody menyampaikan terdapat tiga hal yang perlu dicermati oleh para anggota ISEI dalam mendukung penguatan fondasi ekonomi melalui kebijakan reformasi struktural, salah satunya produktivitas sebagai upaya peningkatan output.

Dalam hal ini, pengukuran terhadap produktivitas dibandingkan output juga perlu senantiasa direvaluasi sehingga hasilnya bisa dikonversi tidak hanya dari kuantitas tetapi juga kualitas pekerjaan. Selain produktivitas, kualitas sumber daya manusia dan tenaga kerja memegang peranan penting dalam peningkatan daya saing sejalan dengan penggunaan teknologi digital dan otomasi yang semakin luas di kalangan industri.

Ketiga, dari sisi kapital, kebijakan untuk menarik dan mempermudah investasi perlu dilakukan untuk mendorong peranan swasta yang lebih optimal dalam pembiayaan pembangunan. Di daerah, peningkatan akumulasi kapital antara lain ditopang oleh pembangunan infrastruktur, terutama konektivitas dan penyediaan energi.

Baca juga: CORE Prediksi Pertumbuhan Triwulan II 4,5% - 5,5%

Perlu diketahui, diskusi publik BI-ISEI KTI mengangkat tema Memperkuat Modalitas Dalam Rangka Implementasi Kebijakan Reformasi Struktural untuk Menjaga Stabilitas Pertumbuhan dilaksanakan pada 27-28 Juli 2021 serta menghadirkan narasumber Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad Alhaddar dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno. Rangkaian kegiatan diskusi publik BI-ISEI KTI merupakan rangkaian kegiatan menuju Kongres ISEI XXI Agustus 2021 di Makassar, setelah dilakukan diskusi publik di Sumatra dan Jawa. (OL-14)

Baca Juga

Dok MPR

Wakil Ketua MPR Soroti Keberpihakan saat Terima Audiensi Dewan UKM Indonesia

👤Abdillah M Marzuqi 🕔Rabu 29 September 2021, 00:49 WIB
UMKM akan mampu berdaya saing jika diberikan fasilitasi yang sistematis dan berkelanjutan dari pemangku...
Ist

Percepat Industrialisasi, Petani Bawang Merah Probolinggo Siap Berkorporasi

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 28 September 2021, 21:56 WIB
Korporasi dapat melakukan percepatan peningkatan produksi dan ekspor pangan serta peningkatan kesejahteraan masyarakat...
Antara/Destyan Sujarwoko

Ada Ancaman Pidana bagi Warga yang Makan Ikan Hiu Mati Terdampar 

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 28 September 2021, 21:35 WIB
Biota laut yang ditemukan mati pada Minggu (26/9) diperkirakan memiliki ukuran panjang 4-6 meter dengan bobot mencapai 1,5-2 ton didapati...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Kawin Kontrak Rendahkan Perempuan

 Kawin kontrak masih ditemukan di Kabupaten Cianjur. Usia pernikahan hanya dua bulan dengan uang mahar Rp15 juta

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya