Kamis 22 Juli 2021, 13:53 WIB

Rektor UI Ari Kuncoro Mundur dari Wakil Komisaris Utama BRI

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Rektor UI Ari Kuncoro Mundur dari Wakil Komisaris Utama BRI

MI/Adam Dwi.
Rektor UI Ari Kuncoro.

 

REKTOR Universitas Indonesia (UI) Ari Kuncoro resmi mengajukan pengunduran diri sebagai Wakil Komisaris Utama/Komisaris Independen Bank Rakyat Indonesia (BRI) pada Rabu (21/7). Hal itu diumumkan oleh BRI dalam Keterbukaan Informasi Bursa Efek Indonesia (BEI) pada hari ini, Kamis (22/7).

Nama Ari Kuncoro belakangan santer dibicarakan publik karena kontroversi rangkap jabatan. Lewat Statuta UI yang baru, ia diperbolehkan menjabat rektor UI sekaligus memegang jabatan di perusahaan BUMN.

"Kementerian BUMN telah menerima surat pengunduran diri Ari Kuncoro dari jabatannya selaku Wakil Komisaris Utama/Komisaris Independen Perseroan per 21 Juli 2021," tulis pengumuman BRI.

Poin berikutnya disebutkan, BRI akan menindaklanjuti sesuai ketentuan dan prosedur. Siang ini pun, BRI dijadwalkan mengadakan Press Conference Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) BRI Tahun 2021 secara virtual.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengubah isi Statuta Universitas Indonesia (UI). Perubahan tersebut dituangkan dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 75 Tahun 2021 yang menggantikan PP Nomor 68 Tahun 2013 terkait aturan rangkap jabatan rektor, wakil rektor, serta pejabat teras kampus.

Baca juga: BRIvolution 2.0, Transformasi BRI untuk Bertahan Saat Ini dan Terus Bertumbuh

Pada aturan sebelumnya, rektor dan wakil rektor dilarang rangkap jabatan sebagai pejabat di posisi apapun pada BUMN atau BUMD atau swasta. Namun, di PP Nomor 75 Tahun 2021 yang diteken Jokowi pada 2 Juli 2021, pada Pasal 39 huruf c disebutkan bahwa rektor dan wakil rektor, sekretaris universitas, dan kepala badan dilarang merangkap sebagai direksi pada BUMN atau BUMD atau swasta. Dengan begitu, rektor, wakil rektor diperbolehkan memegang jabatan komisaris BUMN karena yang dilarang hanya sebagai direksi. (OL-14)

Baca Juga

Antara/Anis Efizudin

SP PLN Group Pertanyakan Penunjukan PGE Sebagai Pimpinan Holding Panas Bumi

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 27 Juli 2021, 14:50 WIB
Serikat pekerja di PLN Group ingin menegaskan bagaimana ketenagalistrikan dikelola sesuai...
Antara

Bahlil Yakin EoDB Indonesia Tembus Level 60 pada Tahun Ini

👤Despian Nurhidayat 🕔Selasa 27 Juli 2021, 14:47 WIB
Diketahui, Presiden Jokowi menargetkan EoDB Indonesia pada 2023 harus mencapai level 40-50. Kementerian Investasi/BKPM pun berusaha...
Antara

Semester I 2021, Realisasi Investasi di RI Capai Rp442,8 Triliun

👤Despian Nurhidayat 🕔Selasa 27 Juli 2021, 14:31 WIB
Sektor yang memengaruhi kinerja investasi semester I 2021, yaitu perumahan, kawasan industri dan perkantoran. Kemudian, industri logam...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Saling Jaga dari Serangan Virus

PANDEMI covid-19 telah berdampak besar bagi warga, terutama bagi mereka yang memiliki penghasilan harian, seperti ojek daring, buruh harian, dan pekerja lepas.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya