Jumat 09 Juli 2021, 11:03 WIB

Vaksinasi Covid-19 Massal Poin Krusial Kebangkitan Perekonomian

M. Iqbal Al Machmudi | Ekonomi
Vaksinasi Covid-19 Massal Poin Krusial Kebangkitan Perekonomian

ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki saat mengikuti rapat kerja dengan Komisi VI DPR.

 

MENTERI Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop dan UKM) Teten Masduki mengatakan akselerasi vaksinasi Covid-19 masyarakat secara umum menjadi krusial demi mencapai target vaksinasi nasional sebanyak 181 juta penduduk dan ini diharapkan akan terealisasi pada akhir tahun 2021.

"Sehingga kolaborasi Hippindo dan KemenkopUKM dalam pengadaan vaksinasi merupakan kerja sama yang sangat penting," kata Teten dalam Pencanangan Vaksinasi Covid-19 untuk Penyandang Disabilitas di Jakarta, Jumat (9/7).

Sejalan dengan lembaga riset dunia IMF dan World Bank bahwa ekonomi global akan kembali positif sampai 4,2-5,2% pada tahun ini dengan asumsi penularan Covid-19 dapat dicegah dengan vaksinasi yang mendorong kenaikan mobilitas sehingga konsumsi rumah tangga membaik.

Teten mengatakan di Indonesia sebelum pandemi, ekonomi digerakkan oleh 53% konsumsi rumah tangga. Untuk dapat bertahan dalam situasi ekonomi di masa pandemi dibutuhkan sense of crisis dalam menyikapi perkembangan yang terjadi.

Selain itu, berdasarkan data BPS Mei 2021 menunjukkan perdagangan besar dan eceran bukan mobil dan sepeda motor pada Kuartal I 2021 mengalami kontraksi 0,24% didorong oleh tutupnya sejumlah gerai ritel.

"Rasa optimistis tetap harus kita jaga terdapat survei pada kuartal II tahun 2021 menginformasikan bahwa kondisi UMKM nasional sudah mengalami perbaikan signifikan 85% responden menjawab kondisi sudah mulai berjalan normal.," ujarnya.

Pada awal kuartal II juga tercatat tercatat 22% UMKM yang berhenti beroperasi kembali beroperasi pada tahun ini. Hal ini merupakan berita positif. Diharapkan dengan melonjaknya angka positif covid pada awal Juni ini tidak segera menurunkan kegiatan ekonomi.

Peran pemerintah sendiri untuk mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional dengan mengeluarkan Peraturan Pemerintah (PP) 7/2021 tentang Kemudahan Perlindungan Dan Pemberdayaan Koperasi Dan UMKM.

Dari PP tersebut kemudahan yang diberikan yaitu jaminan kredit program, perizinan berusaha, perizinan berusaha kemitraan strategis, alokasi 40% belanja pemerintah bagi koperasi UKM, dan infrastruktur publik bagi kegiatan UKM.

Kemenkop UKM dan Hippindo melakukan kerja sama untuk vaksinasi Target vaksinasi sebesar 500 ribu orang yang akan dilaksanakan di Provinsi Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DIY Yogyakarta.

Hingga hari ini sentra vaksinasi di Smesco yang dibuka pada 7 Juni 2021 yang lalu setelah vaksinasi lebih dari 70 ribu UMKM dan masyarakat umum, dan pada hari ini ditargetkan 500 masyarakat disabilitas yang akan divaksin dan baru tervalidasi sebesar 114 peserta.

"Program vaksinasi ini sejalan dengan semangat pemerintah memprioritaskan perlindungan kesehatan bagi para pelaku usaha dan masyarakat luas. Melalui vaksinasi usaha ini diharapkan dapat mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional," pungkasnya. (Iam/OL-09)

Baca Juga

Antara

Kurs Dolar Stabil Setelah Bergolak Sebulan Terakhir

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 26 Oktober 2021, 07:21 WIB
MATA uang dolar Amerika Serikat stabil pada akhir perdagangan Senin atau Selasa pagi WIB (26/10), setelah melonjak dari level terendah satu...
Antara

Bursa Wall Street Menguat

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 26 Oktober 2021, 07:05 WIB
WALL Street menguat pada akhir perdagangan Senin atau Selasa pagi WIB (26/10), dengan Indeks Dow Jones dan S&P 500 ditutup di rekor...
Ist

Freeport Bangun Smelter di Kawasan Industri KEK Gresik

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 26 Oktober 2021, 06:43 WIB
Jokowi menyebutkan pembangunan smelter di dalam negeri ini merupakan salah satu kebijakan strategis pemerintah terkait industri tembaga...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Bongkar Transaksi Narkoba Rp120 Triliun

Para anggota sindikat narkoba juga kerap memanfaatkan warga yang polos untuk membantu transaksi dari dalam ke luar negeri dan sebaliknya.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya