Sabtu 24 April 2021, 13:55 WIB

Sandiaga Dukung Pengembangan KEK Pariwisata Mandeh

M Ilham Ramadhan Avrisena | Ekonomi
Sandiaga Dukung Pengembangan KEK Pariwisata Mandeh

Antara/Iggoy el Fitra
Foto udara kawasan KEK Mandeh

 

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan, pemerintah siap mendukung pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, salah satunya dilakukan melalui program Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandeh.

Pemerintah disebut berupaya mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di daerah tersebut melalui KEK Mandeh yang telah diusulkan pemerintah daerah setempat sejak tahun 2017. Saat ini KEK seluas 420 hektare itu masih menunggu calon pengusul dari pihak swasta yang ingin berinvestasi.

"Pertama adalah untuk menuntaskan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandeh yang sedang dirancang untuk menjadi salah satu pusat pertumbuhan berbasis pariwisata. Kita akan sukseskan program KEK Mandeh yang tidak hanya untuk menghadirkan pariwisata berbasis alam, bahari, tapi juga budaya," tutur Sandiaga dikutip dari siaran pers, Sabtu (24/4).

Dia menambahkan, agar program tersebut sukses, maka dubutuhkan dukungan dan kolaborasi dari berbagai pihak. Termasuk dalam melanjutkan program-program pengembangan yang tertunda seperti tourist information centre,homestay, juga desa wisata. 

"Salah satunya dapat dilakukan melalui pendekatan program kemitraan antara pemerintah dan dunia usaha. Jadi fokusnya tidak semua membebani anggaran pemerintah," kata Sandiaga.

Sementara Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar mengatakan, pihaknya telah melakukan berbagai persiapan yang dibutuhkan guna mendukung kesuksesan KEK Mandeh. Seperti masterplan yang telah selesai dibuat.

"Karenanya kami berharap dukungan dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk dapat memfasilitasi pembangunan KEK serta memfasilitasinya ke investor sehingga perkembangan di Pesisir Selatan, khususnya melalui sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dapat menciptakan lapangan kerja dan memberikan kesejahteraan bagi masyarakat," ujarnya. (Mir)

Baca Juga

dok.Ant

Pemerintah Tawarkan Sukuk ritel SR017 Dengan Kupon tetap 5,9 persen

👤Muhammad Fauzi 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 08:23 WIB
PEMERINTAH menawarkan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) atau sukuk ritel seri SR017 kepada investor individu secara daring atau online...
ANTARA FOTO/Fauzan

Erick Sebut Tambah Volume Penerbangan Bisa Stabilkan Harga Tiket

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 07:53 WIB
"Makanya kalau Garuda bisa lebih produktif lagi dalam jumlah pesawatnya sehingga pengurangan dari stabilitas harga tiket bisa...
dok.ant

Harga Emas Turun 8,4 USD Tertekan Imbal Hasil obligasi AS

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 07:50 WIB
HARGA emas merosot pada akhir perdagangan Selasa (Rabu pagi WIB), memperpanjang kerugian untuk hari kedua berturut-turut, dengan harga...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya