Sabtu 06 Maret 2021, 11:10 WIB

Kemenhub Gelar Program Padat Karya di Sorong

Despian Nurhidayat | Ekonomi
Kemenhub Gelar Program Padat Karya di Sorong

ANTARA FOTO/OLHA MULALINDA
Ilustrasi: pelabuhan sorong

 

DIREKTORAT Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan melalui Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Sorong Papua melaksanakan program padat karya yang melibatkan 50 orang masyarakat sekitar. Kegiatan ini berlangsung selama lima hari mulai dari 5-10 Maret 2021.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Sorong Jece Julita Piris mengatakan program padat karya di tempatnya meliputi kegiatan pengecatan lapangan parkir, pengecatan pagar keliling dan pengecatan kantor.

“Peserta 50 orang yang diambil dari masyarakat sekitar kantor yaitu Kelurahan Kampung Baru RT 3 RW 2 Kota Sorong,” kata Jece dilansir dari keterangan resmi, Sabtu (6/3).

Karena digelar di masa pandemi, dia menegaskan seluruh proses kegiatan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Padat karya ini juga diharapkan dapat berkontribusi dalam mengurangi pengangguran dan dapat membantu masyarakat miskin memperoleh pekerjaan dan penghasilan.

“Program padat karya menjadi salah satu program prioritas nasional tahun 2021 dan sesuai dengan arahan Presiden yang telah mengintruksikan kabinetnya untuk mendukung percepatan pengentasan kemiskinan bagi masyarakat yang terdampak pandemi,” ucap Jece.

Baca juga:  Kucurkan Rp13,8 M, Ini Progam Padat Karya KA Kemenhub di Jabar

Selain itu, Padat Karya di Lingkungan Kementerian Perhubungan ini juga merujuk pada Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 73 Tahun 2018 Tentang Tata Cara Penyelenggaraan. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat di tengah kebijakan tanggap darurat pandemi covid-19.

“Semoga program Padat Karya ini dapat bermanfaat bagi masyarakat yang berada di sekitar Kantor KSOP Kelas I Sorong,” tutupnya.

Sebagai informasi, Kementerian Perhubungan menjadi salah satu Kementerian yang memiliki program padat karya. Jenis padat karya di sektor transportasi sendiri terdiri dari pembangunan, pemeliharaan, perbaikan serta pembersihan sarana dan prasarana transportasi.(OL-5)

Baca Juga

Dok. TikTok

Kolaborasi dengan Smesco, TikTok Ajak Bangga Gunakan Produk UKM

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Sabtu 17 April 2021, 23:30 WIB
Gernas BBI diharapkan dapat mendukung target pemerintah untuk meningkatkan kontribusi UMKM terhadap PDB Negara yaitu sekitar 65% di tahun...
Dok. Pribadi

Ini Usulan Persatuan Insiyur Indonesia soal Ibu Kota Baru

👤Syarief Oebaidillah 🕔Sabtu 17 April 2021, 23:15 WIB
IKN yang diibaratkan, memulai dari kertas putih maka berkesempatan menjadikan IKN sebagai standar baru ibukota dunia yang menjadi acuan...
Medcom.id/Sri Yanti Nainggolan

Pangansari Pasok Katering Premium untuk Proyek Wika di Luar Negeri

👤Micom 🕔Sabtu 17 April 2021, 21:57 WIB
PT Pangansari Utama Food and Resources menandatangi nota kesepahaman (MoU) dengan perusahaan konstruksi PT Wijaya Karya...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Maksimalkan Target di Ajang Pramusim

EMPAT tim semifinalis Piala Menpora, yakni PSS Sleman, Persib Bandung, Persija Jakarta, dan PSM Makassar, akan memaksimalkan turnamen pramusim sebelum berlanjut ke Liga 1

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya