Rabu 03 Maret 2021, 15:21 WIB

Dirut BPJAMSOSTEK Siap Laksanakan Amanah dengan Profesionalisme

mediaindonesia.com | Ekonomi
Dirut BPJAMSOSTEK Siap Laksanakan Amanah dengan Profesionalisme

Ist
Acara penyerahan petikan Kepres No 38/P Tahun 2021 oleh DJSN kepada Jajaran Dewan Pengawas dan Direksi BPJAMSOSTEK.

 

PRESIDEN RI Joko Widodo telah melantik Jajaran Direksi BPJS Ketenagakerjaan atau dikenal dengan sapaan BPJAMSOSTEK untuk periode 2021-2026 pekan lalu.

Selang sepekan, Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN) menyerahkan petikan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 38/P Tahun 2021 kepada Jajaran Dewan Pengawas dan Direksi BPJAMSOSTEK.

Pada keterangan pers yang diterima Rabu (3/3),  Direktur Utama BPJAMSOSTEK Anggoro Eko Cahyo menyampaikan bahwa dirinya dan jajaran direksi siap melaksanakan amanah Presiden, dengan menjunjung tinggi integritas, profesionalisme, dengan tata kelola yang baik.

Ia juga menegaskan bahwa jajaran Direksi BPJAMSOSTEK tetap mengedepankan inovasi untuk menghadapi tantangan implementasi jaminan sosial ketenagakerjaan.

“Secara umum dan berdasarkan ISSA (Asosiasi Jaminan Sosial Sedunia), ada empat tantangan utama yang siap kami hadapi ke depan, “ jelas Dirut BPJAMSOSTEK.

“Pertama, perlindungan bagi seluruh tenaga kerja di Indonesia, kemudian perlindungan pada pasar tenaga kerja di era industry 4.0, peningkatan manfaat, kemudahan dan kecepatan layanan dan selanjutnya peningkatan IT Agility,” ungkap Anggoro.

Selain itu, Anggoro menambahkan  Direksi BPJAMSOSTEK akan menjalankan lima program prioritas, yaitu pertama, kemudahan daftar dan bayar iuran BPJAMSOSTEK. Kedua, implementasi pelaksanaan program JKP (Jaminan Kehilangan Pekerjaan).

Ketiga, utilisasi aplikasi digital yang akan dinamakan J-Mo (Jamsostek Mobile). Keempat, penguatan infrastruktur (IT, SDM dan cost competitiveness).Kelima, peningkatan kualitas dan integrasi data.

“Dari sisi kepesertaan, kami akan fokus memberikan dan memastikan kemudahan pendaftaran dan pembayaran bagi peserta. Kedua, fokus utama tahun ini adalah implementasi program baru yakni JKP,” tuturnya.

Dari sisi layanan, Anggoro mengatakan pihaknya  akan rebranding layanan mobile dan mengembangkan layanan fully digital yang memanfaatkan teknologi biometric. Kami juga sangat concern dengan data dan kolaborasi.

“Dalam hal ini, kami akan meningkatkan kualitas data dan membuka ruang untuk integrasi dengan program JKN (Jaminan Kartu Nasional),” jelas Anggoro.

Sementara itu, Ketua Dewan Pengawas BPJAMSOSTEK Muhammad Zuhri BPJAMSOSTEK menyampaikan siap bekerja sama dengan jajaran direksi untuk memastikan kinerja BPJAMSOSTEK dan kesejahteraan pekerja di masa yang akan datang.

Mewakili Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN), Iene Muliati, sebagai Ketua Komisi Kebijakan, menyampaikan pihaknya optimistis BPJAMSOSTEK mampu mengukir banyak prestasi dan mewujudkan jaminan sosial nasional yang berkualitas bagi pekerja Indonesia.

Ia berharap Direksi dan DewasBPJAMSOSTEK meningkatkan dan mengupayakan usaha terbaik hingga titik maksimal, khususnya pada aspek manajemen kepesertaan, manajemen risiko dan investasi, serta manajemen layanan manfaat.

Sementara itu, secara terpisah, Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Sudirman Erni Purnamawati menyatakan siap mendukung Direksi dan Dewan Pengawas BPJAMSOSTEK Periode 2021-2026 yang terpilih untuk hadapi tantangan pengelolaan jaminan sosial ketenagakerjaan.

“Kami seluruh insan BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Sudirman siap mendukung Direksi dan Dewas periode 2021-2026 untuk menghadapi tantangan pengelolaan jaminan sosial ketenagakerjaan untuk menjamin terlindunginya seluruh pekerja Indonesia,” janji Erni. (RO/OL-09)

Baca Juga

Dok. TikTok

Kolaborasi dengan Smesco, TikTok Ajak Bangga Gunakan Produk UKM

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Sabtu 17 April 2021, 23:30 WIB
Gernas BBI diharapkan dapat mendukung target pemerintah untuk meningkatkan kontribusi UMKM terhadap PDB Negara yaitu sekitar 65% di tahun...
Dok. Pribadi

Ini Usulan Persatuan Insiyur Indonesia soal Ibu Kota Baru

👤Syarief Oebaidillah 🕔Sabtu 17 April 2021, 23:15 WIB
IKN yang diibaratkan, memulai dari kertas putih maka berkesempatan menjadikan IKN sebagai standar baru ibukota dunia yang menjadi acuan...
Medcom.id/Sri Yanti Nainggolan

Pangansari Pasok Katering Premium untuk Proyek Wika di Luar Negeri

👤Micom 🕔Sabtu 17 April 2021, 21:57 WIB
PT Pangansari Utama Food and Resources menandatangi nota kesepahaman (MoU) dengan perusahaan konstruksi PT Wijaya Karya...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Maksimalkan Target di Ajang Pramusim

EMPAT tim semifinalis Piala Menpora, yakni PSS Sleman, Persib Bandung, Persija Jakarta, dan PSM Makassar, akan memaksimalkan turnamen pramusim sebelum berlanjut ke Liga 1

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya