Jumat 19 Februari 2021, 15:55 WIB

Generasi Z Mulai Melirik Sektor Perumahan

M. Iqbal Al Machmudi | Ekonomi
Generasi Z Mulai Melirik Sektor Perumahan

Antara
Seorang anak bermain di kawasan Perumahan Sasak Panjang 2, Bogor.

 

SEKTOR perumahan kini diminati masyarakat generasi Z yang lahir mulai 2000. Hal itu diutarakan Wasekjen DPP Real Estat Indonesia (REI) Bidang Perbankan Syariah Royzani Sjachril.

Dalam outlook 2021, harga properti yang diminati generasi Z di bawah Rp1 miliar. "Yang paling banyak diminati dari harga Rp300 juta, Rp501 juta, lalu Rp1 miliar," tutur Royzani, Jumat (19/2).

Persentase pemilihan rumah dengan harga Rp300 juta sebanyak 33,9%. Kemudian, rumah dengan harga Rp501 juta sampai Rp1 miliar sebanyak 33,8%. Untuk rumah seharga lebih dari Rp1 miliar sebanyak 16,9% dan rumah dengan harga Rp301-500 juta sebanyak 15,3%.

Baca juga: Pemerintah Sebut Prospek Ekonomi RI Menjanjikan

Komposisi penjualan di segmen bawah Rp500 juta mengalami penurunan. Hal itu disebabkan masyarakat ekonomi menengah bawah diperkirakan menjadi golongan yang paling terdampak pandemi covid-19. Sehingga, tingkat permintaan menurun.

Peningkatan justru terlihat dari harga rumah di atas Rp501 juta, dengan kenaikan yang bervariasi. Walaupun diperkirakan pasar bergeser ke harga yang lebih rendah.

Baca juga: 88% Perusahaan Alami Kerugian Operasional Akibat Pandemi

Direktur Departemen Kebijakan Makroprudensial (DKMP) Bank Indonesia Yanti Setiawan mengungkapkan terjadi pertumbuhan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) pada generasi Z.

"Untuk generasi milenial (lahir 1980-1999) sudah mulai melambat. Sementara generasi Z terjadi peningkatan secara cukup signifikan. Jadi, generasi Z sudah mulai memberi rumah melalui KPR," jelas Yanti.

Melihat fenomena KPR yang semakin meningkat, Bank Indonesia berpendapat perlunya dorongan terhadap pertumbuhan ekonomi, khususnya sektor properti. Itu melalui kebijakan makroprudensial yang bersifat relaksasi.(OL-11)

 

Baca Juga

Setpres

Program Bantalan Sosial Jokowi Dinilai Mampu Jaga Daya Beli Masyarakat di Daerah

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 14:38 WIB
Pemerintahan Presiden Jokowi sendiri telah menyiapkan anggaran sebesar Rp24,17 triliun untuk dialokasikan sebagai bantalan...
Antara

Penghitungan Garis Kemiskinan tidak Harus Sama dengan Bank Dunia

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Kamis 29 September 2022, 13:43 WIB
Bank Dunia akan menggunakan metode penghitungan baru untuk mengukur tingkat kemiskinan. Sebelumnya, metode yang digunakan ialah...
Antara

Perluas Kerja Sama Transisi Energi, Suharso Monoarfa Terima Menteri Prancis

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 13:38 WIB
Kedua belah negara melalui hibah untuk mempromosikan pembangunan rendah karbon yang terdiri dari studi tentang efisensi energi pada...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya