Kamis 18 Februari 2021, 18:43 WIB

Pemerintah Sebut Prospek Ekonomi RI Menjanjikan

M. Ilham Ramadhan Avisena | Ekonomi
Pemerintah Sebut Prospek Ekonomi RI Menjanjikan

Antara/Dhemas Reviyanto
Petugas kebersihan bekerja dengan latar belakang gedung bertingkat di kawasan Jakarta Selatan.

 

PROSPEK ekonomi Indonesia di masa depan disebut cukup menjanjikan. Saat ini, pertumbuhan ekonomi Indonesia berada di urutan keempat setelah Tiongkok, Vietnam dan Korea Selatan. 

Capaian tersebut tidak lepas dari upaya pemulihan ekonomi nasional yang berada dalam jalur tepat. Pernyataan itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam The 20th Indonesia Capital Market Student Studies (ICMSS).

Baca juga: Ini Strategi Pemerintah untuk Bangkitkan Ekonomi Nasional

"Di tengah pandemi covid-19, investasi di Indonesia masih meningkat, yaitu Rp826,3 triliun. Walaupun masih berada di bawah target Rp900 triliun rupiah," ujar Airlangga dalam keterangan resmi, Kamis (18/2).

Dari segi pasar modal, lanjut dia, nilai tukar rupiah mengalami perbaikan. Sehingga, setara dengan berbagai mata uang di negara kawasan Asia Tenggara. Adapun dari segi ekuitas, dibandingkan dengan sebelum pandemi covid-19, telah mengalami pemulihan pada level 6000.

"Berbagai sektor di capital market sudah lebih baik dari pada awal 2020. Ini menambah keyakinan perekenomian kita positif. Lembaga dunia juga mengkompromikan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia akan positif 4,4-4,8%. Tentu pemerintah akan tetap menargetkan 5%," imbuh Airlangga.

Baca juga: BI: Suku Bunga Kredit Bank BUMN Paling Tinggi

ICMSS merupakan acara tahunan dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Airlangga berharap acara tersebut dapat menjadi wadah bertukar pikiran terkait prospek ekonomi Indonesia.

"Saya berharap acara ini mejadi wadah untuk memberikan informasi tentang peluang ekonomi Indonesia 2021. Kebijakan yang diterapkan untuk mendukung perekonomian," pungkasnya.(OL-11)

 

Baca Juga

dok.humas kemendes

Gus Halim: Penanggulangan Gempa di Cianjur Bisa Pakai Talangan Dana Desa

👤Muhamad Fauzi 🕔Minggu 27 November 2022, 20:11 WIB
MENTERI Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar memastikan masyarakat boleh menggunakan talangan dana...
Dok. Kementan

Di NTB, Mentan SYL: Pengelolaan Benih Sumber VUB Tingkatkan Produktivitas

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 27 November 2022, 19:36 WIB
Tahun depan, lanjut SYL, pemerintah harus mulai membagikan bibit unggulnya sebagai salah satu pendorong utama dalam meningkatkan daya gedor...
Antara/Aprillio Akbar

Kementerian PUPR Bangun SPAM di Kawasan DPSP Lombok-Mandalika

👤M Ilham Ramadhan 🕔Minggu 27 November 2022, 19:15 WIB
Pembangunan mulai dikerjakan di Kecamatan Sembalun untuk mendukung layanan air bersih perpipaan di kawasan pariwisata Geopark Rinjani,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya