Selasa 02 Februari 2021, 13:28 WIB

Pemerintah Kembangkan Lampu UV untuk Tanaman Hidroponik

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Pemerintah Kembangkan Lampu UV untuk Tanaman Hidroponik

ANTARA FOTO/Aditya
Tanaman Hidroponik

 

KEMENTERIAN Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengungkapkan Perusahaan Listrik Negara (Persero) memanfaatkan sinar lampu ultraviolet (UV) untuk meningkatkan produktivitas tanaman hidroponik.

Terobosan teknologi di sektor pertanian ini disebut merupakan hasil kerja sama dengan Pusat Pelatihan Pertanian & Pedesaan Swadaya (P4S) Buana Lestari di Wisata Edukasi Tani Terpadu (WETT) Betet, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.

"Langkah pemanfaatan lampu UV ini bisa digunakan sebagai cara meningkatkan penjualan kWh listrik. Kami apresiasi terobosan ini," kata Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agung Pribadi dalam keterangannya, Selasa (2/2).

Pemanfaatan listrik dalam menggenjot produktivitas ekonomi, lanjut Agung, sejalan dalam langkah pemerintah dalam meningkatkan ketersediaan pasokan listrik bagi masyarakat.

"Sesuai komitmen Pemerintah bahwa adanya ketersediaan listrik di masyarakat harus mampu meningkatkan kehidupan masyarakat yang lebih baik," ucap Agung.

ESDM menjelaskan dengan sistem pengairan yang stabil dan penerangan dengan lampu UV ini, sayur organik dapat dipanen dalam waktu 30-35 hari, lebih cepat dari waktu normalnya yakni 45 hari.

Baca juga: Bantu Warga Terdampak Covid-19, Jababeka Ajak Budidaya Hidroponik

Kemudian, dari sisi beratnya pun bisa mencapai 200-250 gram untuk setiap batang tanamannya. Sementara, berat tanaman hidroponik biasa disebut yang mencapai 150 gram per batang tanamannya.

Disebutkan, untuk skala kecil rumah tangga 40 lubang, investasi yang dikeluarkan untuk starter kit hidroponik dengan sinar lampu UV sekitar Rp1,8 juta dengan biaya operasional setiap kali tanam hanya sebesar Rp100 ribu. Berat hasil panen untuk setiap lubang berkisar di angka 200-250 gram.

Artinya, untuk 40 lubang pelaku hidroponik dengan sinar lampu UV dapat memperoleh hasil kurang lebih 10 kg dalam satu kali panen.

Dalam 1 tahun, ESDM menyebut, dengan memanfaatkan sinar lampu UV, pelaku hidroponik dapat melakukan 9-12 kali masa tanam, berbanding lurus dengan frekuensi masa panen.(OL-5)

Baca Juga

Dok Aksrindo

Menebar Manfaat dari Nias Hingga Alas Roban

👤Iis Zatnika 🕔Senin 06 Desember 2021, 21:09 WIB
Tanggung jawab perusahaan meliputi aspek sosial, ekonomi dan...
DOK OJK

OJK dan IJK Serahkan Donasi Bencana Erupsi Gunung Semeru

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 06 Desember 2021, 20:50 WIB
Program 'OJK dan IJK Peduli Bencana' akan terus dibuka dan dikoordinir oleh OJK untuk mengumpulkan...
Antara

Optimistis PT Krakatau Steel tak Bangkrut, Ini Respons Komisaris PT KSI ke Erick Thohir

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 06 Desember 2021, 20:35 WIB
Sebagai aset strategis, lanjutnya, seharusnya KS diperlakukan dengan strategis...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya