Senin 04 Januari 2021, 04:30 WIB

Dana Kelolaan BNI Emerald Rp154 T

Ant/E-1 | Ekonomi
Dana Kelolaan BNI Emerald Rp154 T

ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Petugas melayani nasabah BNI Emerald untuk melakukan penggantian paspor di Outlet BNI Emerald, Jakarta, Rabu (25/11).

 

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk mencatat dana kelolaan atau asset under management (AUM) nasabah BNI Emerald mencapai Rp154 triliun pada 2020 atau tumbuh 12% jika dibandingkan dengan periode sama pada 2019.

Direktur Bisnis Konsumer BNI Corina Leyla Karnalies di Jakarta, Sabtu, menjelaskan peningkatan terbesar terjadi pada AUM reksa dana yang tumbuh 37%, diikuti AUM obligasi naik 15% dan dana pihak ketiga (DPK) tumbuh 10%. “Komposisi tersebut tidak terlepas dari dampak penyesuaian suku bunga,” kata Corina.

Menurut dia, penyesuaian suku bunga turut memberikan pilihan yang lebih beragam bagi nasabah BNI Emerald dalam berinvestasi.

Tren itu, lanjut dia, menunjukkan bahwa nasabah cenderung mendiversifikasi aset dengan membeli obligasi pemerintah dan reksa dana.

Corina juga menambahkan, selama 2020 BNI aktif menawarkan obligasi pemerintah, baik obligasi ritel yang bisa dibeli melalui aplikasi BNI Mobile Banking dan BNI Internet Banking serta surat utang negara (SUN) melalui lelang yang diadakan Kementerian Keuangan setiap Selasa.

Tercatat sepanjang 2020, BNI berhasil memasarkan Rp5,27 triliun obligasi ritel pemerintah.

Di sisi lain, fee based income yang bersumber dari transaksi nasabah BNI Emerald mengalami pertumbuhan sebesar 17,5% jika dibandingkan dengan pencapaian 2019. “Jumlah nasabah BNI Emerald mengalami peningkatan 12% (yoy) menjadi 92.097 nasabah per 24 Desember 2020,” jelasnya.

Corina menambahkan, segala pencapaian tersebut tentunya didukung juga dengan adanya keistimewaan yang diberikan kepada nasabah BNI Emerald yang selalu disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan nasabah, terutama di masa pandemi.

Pada 2021, BNI Emerald terus memfokuskan pengembangan bisnis wealth management dengan meluncurkan program menarik, seperti Emerald Get Eme­rald dan Family Get Emerald. Program itu memberikan hadiah bagi nasabah yang mereferalkan satu nasabah private banking.

Peningkatan dana kelolaan juga dialami PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk. Dana kelolaan wealth management BRI meningkat signifikan sebesar 17% secara tahunan (year on year) per akhir November 2020 dengan nilai mencapai angka Rp132 triliun.

“Kami memberikan apresiasi atas kepercayaan nasabah yang telah menginvestasikan dananya di bisnis wealth management BRI. Tentunya kami berupaya untuk mengelola dana tersebut secara optimal,” ungkap Direktur Konsumer BRI Handayani dalam keterang­annya. (Ant/E-1)

Baca Juga

Antara/Andreas Fitri

Populasi UMKM Besar, Namun Kredit di Perbankan Baru 19%

👤Despian Nurhidayat 🕔Jumat 26 Februari 2021, 10:30 WIB
Idealnya dengan populasi UMKM yang sangat besar di Indonesia, rasio kredit untuk sektor tersebut bisa mencapai 22-30% per...
Ist

Penghargaan Public Leader Kepada Menteri BUMN Patut Diapresiasi

👤mediaindonesiai.com 🕔Jumat 26 Februari 2021, 10:27 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir dinilai sebagai salah satu pemimpin publik yang memiliki kinerja inovatif selama pandemi Covid-19. Selama...
MI/ BARY FATHAHILAH

Kredivo Alokasikan US$ 100.000 untuk Perluas Tes PCR di Indonesia

👤Despian Nurhidayat 🕔Jumat 26 Februari 2021, 08:57 WIB
Kredivo, platform kredit digital untuk konsumen ritel Indonesia menggandeng Genomik Solidaritas Indonesia (GSI Lab) untuk memperluas dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya