Rabu 09 Desember 2020, 12:00 WIB

Wall Street Ditutup Menguat, Disertai Rekor Baru Nasdaq

mediaindonesia.com | Ekonomi
Wall Street Ditutup Menguat, Disertai Rekor Baru Nasdaq

AFP/Spencer Platt
Wall Street catat kenaikan

 

Wall Street ditutup lebih tinggi pada perdagangan Selasa (Rabu pagi WIB), dengan S&P dan Nasdaq mencetak rekor tertinggi, sebagian didorong sektor perawatan kesehatan pada berita vaksin COVID-19 yang positif. Adapun ketidakpastian atas stimulus fiskal baru menahan kenaikan.
  
Indeks Dow Jones Industrial Average bertambah 104,09 poin atau 0,35 persen, menjadi berakhir di 30.173,88 poin. Indeks S&P 500 naik 10,29 poin atau 0,28%  menjadi ditutup 3.702,25 poin, penutupan pertama di atas ambang batas 3.700 poin. Indeks Komposit Nasdaq terangkat 62,83 poin atau 0,50 persen menjadi berakhir di 12.582,77 poin.
  
Enam dari 11 sektor utama S&P 500 berakhir menguat, dengan energi dan perawatan kesehatan ditutup masing-masing meningkat 1,57 persen dan 0,73 persen, melampaui sektor lainnya. Real estate tergelincir 0,5 persen, merupakan kelompok dengan kinerja terburuk.
  
Johnson & Johnson naik 1,73 persen, membantu mengangkat Dow dan S&P 500 setelah perusahaan mengatakan dapat memperoleh hasil uji coba tahap akhir dari vaksin COVID-19 dosis tunggal yang dikembangkannya pada Januari, lebih awal dari yang diharapkan.
  
Pfizer Inc melonjak 3,18 persen, setelah perusahaan melewati rintangan berikutnya dalam perlombaan untuk mendapatkan vaksin covid-19 yang disetujui untuk penggunaan darurat, setelah regulator kesehatan AS merilis dokumen yang tidak meningkatkan masalah keamanan atau kemanjuran baru.
  
"Anda telah melihat dari posisi terendah terbaru akhir Oktober bahwa kami telah membaik selama minggu pertama Desember untuk
mengantisipasi apa yang akan membuahkan hasil pada saat ini, yang sekarang dalam waktu dekat persetujuan vaksin dan sebagian dari
distribusinya," kata Bill Northey, direktur investasi senior di U.S  Bank Wealth Management di Minneapolis.
  
"Kami telah melihat banyak dari ini diperhitungkan dan ditarik ke depan dan sekarang ini semua tentang menyeimbangkan dorongan-tarikan dari kenyataan saat ini dari lingkungan ekonomi yang masih agak mati yang bergantung pada solusi kesehatan dan berada di jurang solusi kesehatan."  

Pemimpin Mayoritas Senat Mitch McConnell mengatakan anggota parlemen harus mengeluarkan paket bantuan yang mencakup langkah-langkah yang dapat mereka sepakati sambil mengecualikan ketentuan seperti perlindungan kewajiban untuk bisnis yang menyebabkan perpecahan.
  
Investor mengamati dengan cermat apakah pembuat kebijakan akan dapat mencapai kesepakatan tentang RUU bantuan virus corona yang telah lama ditunggu-tunggu dan RUU pengeluaran 1,4 triliun dolar AS, dengan Jumat (11/12/2020) dipandang sebagai tenggat waktu untuk menghindari penutupan pemerintah.
  
Kongres AS minggu ini akan memberikan suara pada RUU pendanaan sementara satu minggu untuk memberikan lebih banyak waktu bagi anggota parlemen guna mencapai kesepakatan tentang pengeluaran dan bantuan pandemi.
  
Perkembangan positif terkait vaksin COVID-19 dalam beberapa pekan terakhir telah membantu investor mengatasi lonjakan infeksi dan
mengantisipasi rebound  ekonomi tahun depan.
  
Analis sekarang memperkirakan perhatian investor untuk secara bertahap beralih dari persetujuan vaksin ke distribusi global mereka dan kemungkinan efek samping yang mungkin terjadi. (Ant/E-1)

Baca Juga

Dok. Pupuk Indonesia

Pupuk Indonesia Perkuat Proses Distribusi dan Pengawasan dengan Teknologi Digital 

👤Andhika Prasetyo 🕔Rabu 26 Januari 2022, 22:49 WIB
Selain dapat mengawasi proses distribusi, sistem yang dinamai Distribution Planning & Control System (DPCS) itu juga mampu mengetahui...
MI/Haryanto Mega

Menaker Dorong BUMN dan Swasta Pekerjakan Penyandang Disabilitas 

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Rabu 26 Januari 2022, 22:15 WIB
Pada 2021, sebanyak 1.271 penyandang disabilitas telah bekerja di 72 Badan Usaha Milik Negara dan 4.554 penyandang disabilitas telah...
Antara/Maulana Surya

PLN : PLTSa Putri Cempo Urgen Dibutuhkan untuk Transisi Energi 

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 26 Januari 2022, 21:58 WIB
"Pembangunan PLTSa Surakarta adalah salah satu yang paling urgen. Sebab, melalui proyek ini menjadi langkah dalam mencapai net zero...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya