Senin 23 November 2020, 17:53 WIB

Fesyen Muslim di Indonesia Terbaik Ketiga di Dunia

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Fesyen Muslim di Indonesia Terbaik Ketiga di Dunia

Antara
Ilustrasi

 

KEMENTERIAN Perindustrian menyebut, berdasarkan laporan dari The State of Global Islamic Economy Report 2020/2021, pengembangan fesyen muslim Indonesia mempunyai prestasi di dunia internasional.

“Indonesia menduduki peringkat ketiga sebagai negara yang mengembangkan fesyen muslim terbaik di dunia setelah Uni Emirat Arab dan Turki,” ungkap Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih dalam keterangan resminya, Jakarta, Senin (23/11).

Menurutnya, peluang Indonesia untuk dapat berada pada urutan pertama terbuka untuk menjadi salah satu pusat fesyen muslim dunia.

Gati juga menuturkan, berdasarkan The State Global Islamic Ecomony Report 2020/2021 juga menyatakan, konsumsi fesyen muslim dunia tahun 2019 mencapai US$277 miliar. Di Indonesia sendiri, konsumsi produk tersebut sebesar US$16 miliar atau terbesar kelima di dunia setelah Iran, Turki, Arab Saudi dan Pakistan.

”Pada tahun ini konsumsi fesyen muslim dunia memang agak menurun akibat pandemi Covid-19. Namun, kami yakin akan kembali pulih pada tahun 2021,” kata Gati.

Baca juga : Januari 2021 Google Berlakukan Kebijakan untuk Toko Web Chrome

Industri fesyen muslim, ungkapnya, merupakan bagian dari industri pakaian jadi memiliki kontribusi cukup besar terhadap perekonomian nasional.

Kemenperin mencatat, kinerja ekspor industri pakaian jadi sepanjang tahun 2019 mencapai US$8,3 miliar. Pada periode Januari hingga September 2020 untuk ekspor industri pakaian jadi telah menembus US$5,36 miliar.

“Industri fesyen merupakan salah satu sektor industri penopang ekonomi nasional dan harus terus dipertahankan serta ditingkatkan kinerjanya,” imbuh Gati.

Dia menuturkan, Industri pakaian jadi juga sangat erat hubungannya dengan sektor industri tekstil. Berdasarkan data Kemenperin, sektor industri tekstil dan produk tekstil memberikan kontribusi pada PDB industri pengolahan nonmigas sebesar 6,75% pada triwulan III tahun 2020.

“Melihat segala potensi dan keunggulan sektor industri fesyen muslim di Indonesia, kami juga mengajak para desainer, pemerintah, pelaku industri, market place, akademisi serta seluruh  stakeholder terkait untuk dapat bersama-sama memaksimalkan potensi dan memperkenalkan industri fesyen muslim Indonesia,” tandas Gati. (OL-2)

 

Baca Juga

Ist/DPR

Anggota DPR Minta Pemerintah Tinjau Ulang Batas Baris Kemiskinan

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 03 Oktober 2022, 14:50 WIB
Anggota Komisi XI DPR RI Anis Byarwati mengatakan Bank Dunia menaikkan garis kemiskinan ekstrem dari 1,9 dolar AS menjadi 2,15 dolar AS...
Ist

Capai Kinerja Terbaik, Nicke Widyawati Dikukuhkan sebagai Dirut Pertamina untuk Dua Periode

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 03 Oktober 2022, 14:44 WIB
Nicke Widyawati dinilai oleh Pemegang Saham mampu mengantarkan Pertamina menjalankan transformasi perusahaan sekaligus meraih kinerja...
Antara

Perusahaan Besar Wajib Berikan Bantuan Pada Masyarakat Di Sekitar Lokasi Industrinya

👤Despian Nurhidayat 🕔Senin 03 Oktober 2022, 14:36 WIB
Kamar Dagang dan Industri Indonesia menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian untuk...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya