Rabu 11 November 2020, 23:00 WIB

Kementerian ATR Targetkan 7 Juta Sertifikasi Tanah Rampung Tahun I

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Kementerian ATR Targetkan 7 Juta Sertifikasi Tanah Rampung Tahun I

Antara
.

 

MENTERI Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan A. Djalil menargetkan pemberian tujuh juta sertifikat tanah ke masyarakat selesai di tahun ini.

Pihaknya semula menargetkan pemberian 10 juta bidang tanah, namun diturunkan menjadi 7 juta bidang tanah.

"Hingga awal November ini, sudah kita daftarkan 5 juta bidang tanah. Insyaallah akan kita capai 7 juta bidang tanah," ujar Sofyan dalam keterangan resminya, Jakarta, Rabu (11/11).

Sofyan mengatakan, bahwa saat ini Kanwil BPN Provinsi dan Kantor Pertanahan Kabupaten/Kota terus aktif membangun komunikasi serta bekerja sama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) dalam menyelesaikan pendaftaran tanah. 

Ia mencontohkan di Provinsi Jawa Tengah ada Trisula kemudian di Provinsi Jawa Timur ada Trijuang. Kedua program ini, kata Sofyan, merupakan bentuk kerja sama antara BPN dengan pemerintah desa setempat.

"Tujuannya karena kita ingin melakukan pendaftaran tanah secara total dan menyeluruh. Dengan demikian kita akan mengetahui secara pasti desa yang terdaftar lengkap melalui peta pertanahan," tandasnya.

Percepatan pendaftaran tanah ini, sebutnya, merupakan niat pemerintah dalam mencegah terjadinya masalah pertanahan di masa mendatang.

Sofyan menuturkan, pihaknya bakal aktif menyelesaikan masalah masalah pertanahan yang terjadi. Ia menyebut saat ini banyak kasus sengketa dan konflik tanah merupakan warisan dari masa lalu. "

"Dengan mempercepat pendaftaran tanah, maka kita bisa mencegah sengketa dan konflik tanah, sehingga dapat memberikan kepastian hukum atas tanah yang dikuasai oleh masyarakat," pungkas Sofyan. (OL-8)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Konsep Buy Now, Play Later Bakal jadi Primadona di 2021

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Januari 2021, 23:55 WIB
Berdasarkan studi dari Coherent Market Insights, pasar Paylater global diperkirakan akan tumbuh dari US$5 juta pada 2019, menjadi US$...
Ist

Agar Tampilan Wajah Segar dan Bebas Kilap Minyak

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Januari 2021, 23:20 WIB
Bedak tabur adalah bagian dari kosmetik populer karena setiap wanita menginginkan kulit berseri tanpa kilau minyak dalam tampilan...
AFP/Johan Ordonez

Pemilik British Airways Beli Air Europa dengan Setengah Harga

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Januari 2021, 22:51 WIB
Pemerintah Spanyol telah memberikan Air Europa pinjaman sebesar 475 juta euro untuk membantu maskapai tersebut melalui...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya