Jumat 06 November 2020, 17:34 WIB

Apindo: Resesi Perekonomian Tak Perlu Dikhawatirkan

M. Iqbal Al Machmudi | Ekonomi
Apindo: Resesi Perekonomian Tak Perlu Dikhawatirkan

FOTO ANTARA/ Ujang Zaelani
Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani (Kanan)

 

KETUA Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani, menilai resesi yang dialami Indonesia akibat pandemi covid jangan terlalu dimaknai terlalu dalam.

"Resesi tersebut sebetulnya tidak perlu dikhawatirkan berlebihan karena perekonomian Indonesia terpukul karena dampak pandemi pada kuartal II 2020 mencapai minus 5,32%," kata Hariyadi saat dihubungi, Jumat (6/11).

Meski pada kuartal III 2020 ini masih terkontraksi tetapi trennya membaik di angka minus 3,49%. Perekonomian pada kuartal II terjadi minus dalam karena adanya PSBB.

"Jika selanjutnya dan kedepannya tidak ada pembatasan sosial lagi dan pandemi bisa diatasi maka perekonomian akan cepat ke arah positif. Jadi sepertinya tidak perlu khawatir," ujar Hariyadi.

Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) tersebut juga meyakini bahwa pada kuartal IV pertumbuhan ekonomi mungkin masih minus tetapi terus membaik dan menunjukkan tren yang positif.

Untuk menghadapi masa transisi pada 2021 sendiri Hariyadi berharap keberhasilan pemerintah bersama ilmuwan dunia untuk menemukan vaksin covid-19 sehingga akan mempercepat pemulihan.

Pada 2021 sendiri perekonomian Indonesia dinilai akan cepat pulih karena cara berpikir masyarakatnya lebih optimis dan berani dalam melakukan kegiatan ekonominya.

"Hal ini busa dilihat. Dalam masa PSBB saja banyak usaha yang nekat berjualan dan orang-orang mau bekerja jadi itu bisa mempercepat," ucapnya.

Sehingga kesimpulan agar perekonomian tidak kembali amblas ialah pemerintah tidak menerapkan kebijakan PSBB. Karena dampaknya akan menjatuhkan perekonomian nasional.

"Jadi resesi ini tidak perlu dimaknai terlalu dalam karena titik terendah ada di kuartal II dan kita sudah melewati itu bukan di kuartal III," pungkasnya. (OL-4)

Baca Juga

Ist

BPJS Ketenagakerjaan Berikan Bingkisan Makanan Kepada Pekerja Rentan

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 03 Juli 2022, 18:33 WIB
Kegiatan touring yang bertemakan "Bike Bike di Jalan" ini dalam rangka meningkatkan solidaritas dan kebersamaan antar karyawan...
AFP/Chris Delmas.

Pengiriman Tesla Anjlok akibat Penutupan Sementara Pabrik di Tiongkok

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 03 Juli 2022, 17:08 WIB
General Motors dan Toyota melihat penjualan kuartal kedua mereka di Amerika Serikat masing-masing turun 15% dan...
MI/Adam Dwi.

Insav Festival Diharapkan Cerdaskan Masyarakat Tangkal Investasi Bodong

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 03 Juli 2022, 16:46 WIB
Anggota Komisi XI DPR Anis Byarwati mengingatkan maraknya penipuan berkedok investasi yang terjadi belakangan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya