Kamis 16 Juli 2020, 12:16 WIB

IHSG Kembali Rebound Setelah Kemarin Terkoreksi

Despian Nurhidayat | Ekonomi
 IHSG Kembali Rebound Setelah Kemarin Terkoreksi

ANTARA
PERGERAKAN Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Kamis (16/7) berhasil rebound tipis setelah penutupan kemarin.

 

PERGERAKAN Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Kamis (16/7) berhasil rebound tipis setelah penutupan kemarin terkoreksi.

Berdasarkan pantauan pada pukul 09.00 WIB, IHSG naik 0,16% atau 8,10 poin ke level 5.083,90. Hasil ini tentunya sangat positif jika dibandingkan pada penutupan kemarin, di mana IHSG ditutup melemah 0,06% atau 3,32 poin ke level 5.075,80.

Sesuai prediksi Analis Binaarttha Sekuritas Indonesia M. Nafan Aji Gusta Utama mengatakan bahwa IHSG akan bergerak naik. Bahkan dia memprediksi level resistance IHSG pada hari ini 5.172 hingga 5.233.

"Sedangkan, area support indeks bergerak di level antara 5.137 hingga 5.094," ungkap Nafan dilansir dari riset hariannya.

Berdasarkan analisis teknikal, Nafan menambahkan bahwa terlhat beberapa pola upward bar yang mengindikasikan adanya potensi penguatan lanjutan pada pergerakan IHSG, sehingga berpeluang menuju resistance terdekat.

Baca juga: ShopeePay Gandeng McDonald’s untuk Dorong Transaksi Nontunai

Di lain pihak, Riset Valbury Sekuritas menilai bahwa pergerakan IHSG diprakirakan melemah pada perdagangan saham hari ini. Hal tersebut dikatakan telah dipengaruhi oleh beberapa faktor.

"Pertama, indeks berjangka global cenderung melemah, dapat menjadi sinyalemen negatif bagi pasar regional Asia. Kendati sebelumnya saham AS pada perdagangan Rabu (15/07) menguat dan nilai tukar rupiah yang diperkirakan masih rawan melamah terhadap dolar AS, terbawa faktor ekonomi Singapura yang diklaim mengalami resesi, hingga data ekonomi di Eropa dan AS yang lesu," tulis Valbury Sekuritas dilansir dari laman resmi.

Jika terjadi pelemahan atas rupiah, Riset Valbury Sekuritas menilai bahwa hal tersebut sekaligus dapat mengeliminasi sentimen dari rilis data, di mana BI diprakirakan akan menurunkan suku bunga 7-DRR menjadi 4,0% dari 4,25%. (A-2)

Baca Juga

Antara/Aprillio Akbar

Bank Sumut Dukung Ekonomi Tumbuh melalui Kredit ke Sektor Produktif

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 22:22 WIB
Per 30 Juni 2022, penyaluran KUR Bank Sumut mencapai Rp3,8 triliun atau naik 29 % jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2021...
Antara

Menkeu: Pemerintah Berusaha Maksimal Tekan Kemiskinan

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Kamis 29 September 2022, 21:56 WIB
Salah satunya, melalui upaya perbaikan data oleh BPS dengan Registrasi Sosial dan Ekonomi. Dengan begitu, semua instrumen di APBN bisa...
HO

Bersama Dahua, IMS Sediakan Sistem Keamanan Terbaik

👤Widhoroso 🕔Kamis 29 September 2022, 21:16 WIB
SISTEM keamanan saat ini sudah menjadi kebutuhan penting terutama di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya