Jumat 15 Mei 2020, 10:46 WIB

Kemenkop Ajak Pelaku UMKM dan Masyarakat Taat Protokol Kesehatan

mediaindonesia.com | Ekonomi
Kemenkop Ajak Pelaku UMKM dan Masyarakat Taat Protokol Kesehatan

Istimewa/Kemenkop
Pembagian masker oleh Sekmenkop dan UKM, Rully Indrawan.

 

FOTO - Bagikan Masker : Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Rully Indrawan membagikan masker kain kepada pelaku UMKM di kawasan Jl.Setiabudi Kuningan. Jakarta selatan. Kamis sore(14/5).

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

SEBAGAI upaya dan tanggung jawab bersama untuk menjaga serta mematuhi protokol kesehatan, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) membagikan masker gratis kepada pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) maupun masyarakat.

Pembagian masker gratis tersebut dipimpin langsung oleh Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM, Rully Indrawan di kawasan jalan Setia Budi, Jakarta Selatan, Kamis (14/5). 

Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM, Rully Indrawan mengatakan, pembagian masker tersebut dilakukan, karena masih banyak ditemui masyarakat maupun para pedagang di kawasan tersebut yang tidak mematuhi protokol kesehatan dengan mengenakan masker. 

"Ini adalah bagian dari tanggung jawab kita bersama untuk memberikan kepastian dengan mengikuti protokol kesehatan. Masker ini wajib dipakai tidak bisa tidak, untuk kepentingan bersama," tegas Rully.

Menurut Rully, memakai masker adalah salah satu protokol kesehatan yang harus dipatuhi oleh pelaku UMKM dan masyarakat, ketika berada diluar rumah, untuk memutus penularan virus korona atau Covid-19. Apalagi, katanya, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) masih diberlakukan di wilayah DKI Jakarta.

"Memakai masker adalah bagian protokol kesehatan. Masih banyak masyarakat yang belum menyadari tentang pentingnya masker. Selain itu, masyarakat belum semuanya mampu menyediakan masker secara jumlah yang cukup," ujar Rully.

Rully berharap dengan distribusi langsung masker ke pelaku UMKM dan masyarakat tersebut, maka akan tumbuh kesadaran tentang manfaat, fungsi maupun peran menjaga kesehatan. Ia menegaskan bahwa pandemi Covid-19 merupakan masalah bersama dan dibutuhkan kerja sama untuk mentaati peraturan yang telah ditetapkan pemerintah.

"Yang paling penting mengajak masyarakat untuk peduli bahwa masalah wabah ini masalah bersama. Harus diatasi bersama dengan keikhlasan. Mentaati peraturan, mentaati protokol kesehatan dan tetap produktif menjalankan usahanya," ujarnya.

Rully menjelaskan, pihaknya mendukung penuh agar perekonomian masyarakat segera pulih, namun tetap menjaga kesehatan. Menurutnya, masker yang diberikan merupakan produk dari UMKM di Indonesia.

"Kami Kemenkop dan UKM mendukung agar ekonomi masyarakat tetap pulih dan kesehatan tetap terjaga. Ini yang dibagikan produksi UMKM. UMKM untuk UMKM dan Indonesia," tambahnya. 

Ia mengatakan dirinya akan terus berkeliling untuk membagikan masker gratis maupun alat pelindung diri kepada pelaku UMKM, masyarakat, petugas medis, klinik maupun layanan kesehatan.

Para pedagang dan masyarakat menyambut baik upaya pembangian masker gratis yang dilakukan Kementerian Koperasi dan UKM. Seperti yang disampaikan Ibu Lilis, yang berjualan menu buka puasa di jalan Setia Budi, Jakarta Selatan. 

"Terima kasih Pak. Kebetulan masker saya sudah lama tidak diganti," ucap Lilis sambil melayani pembeli jelang buka puasa. (OL-09)

Baca Juga

ANTARA

Terima SMS Penawaran Pinjol, OJK: Sudah Pasti Ilegal!

👤Insi Nantika Jelita 🕔Minggu 24 Oktober 2021, 12:42 WIB
jika ada tautan yang dikirimkan melalui SMS terkait pinjol, jangan asal diklik, lantaran rawan pencurian data dari calon peminjam oleh...
dok Yayasan Erick Tohir

Yayasan Erick Thohir Beri Dampak Perekonomian dengan Genjot Program Social Healing

👤RO/Micom 🕔Minggu 24 Oktober 2021, 11:03 WIB
Program ini bentuk upaya memulihkan kondisi trauma sosial yang ada di masyarakat akibat...
 ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Bahlil: Taiwan akan Investasi Kendaraan dan Skuter Listrik di Indonesia

👤Insi Nantika Jelita 🕔Minggu 24 Oktober 2021, 10:29 WIB
Bahlil Lahadalia menyatakan, produsen elektronik multinasional asal Taiwan, Foxconn, menaruh minat besar terhadap investasi industri...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Krisis Energi Eropa akan Memburuk

Jika situasinya tidak membaik dalam beberapa bulan ke depan, ada potensi krisis ekonomi yang menghancurkan

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya