Minggu 19 April 2020, 12:53 WIB

Di Tengah Pandemi, Buruh akan Gelar Aksi May Day pada 30 April

M Ilham Ramadhan Avisena | Ekonomi
Di Tengah Pandemi, Buruh akan Gelar Aksi May Day pada 30 April

MI/Dwi Apriani
Ribuan buruh menolak RUU Cipta Kerja atau Omnibus Law di Kantor Gubernur Sumsel, Rabu (11/3).

 

KONFEDERASI Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) dan Majelis Pekerja Buruh Indonesia (MPBI) akan memperingati Hari Buruh Internasional atau May Day dengan melakukan aksi pada 30 April 2020.

Presiden KSPI Said Iqbal, melalui keterangan resmi yang diterima, Minggu (19/4), menyampaikan aksi akan akan dipusatkan di Gedung DPR RI dan Kantor Menko Perekonomian RI.

Adapun tuntutan yang akan disuarakan dalam aksi itu ialah menolak omnibus law, setop PHK, dan liburkan buruh dengan tetap mendapatkan upah dan THR penuh.

Baca juga: DPR Sayangkan Sikap DPD yang Minta Pembahasan Omnibus Law Disetop

Di waktu yang sama, kata Said, aksi juga akan dilakukan di Serang, Banten; Bandung, Jawa Berat; Semarang, Jawa Tengah; Surabaya, Jawa Timur; Jogjakarta; Banda Aceh, Aceh; Batam, Kepulauan Riau; Medan, Sumatra Utara; Bengkulu, Riau; Palembang, Sumatra Selatan; Lampung; Manado, Sulawesi Utara; Makassar, Sulawesi Selatan; Gorontalo; Banjarmasin, Kalimantan Selatan; Samarinda, Kalimantan Timur; Maluku; dan Papua.

"Surat pemberitahuan aksi kepada Mabes Polri dan Polda Metro Jaya sudah disampaikan pada Jumat (17/4)," ujar Said.

"Tetapi, petugas piket menolak menerima surat tersebut. Sehingga surat pemberitahuan aksi KSPI dan MPBI, sesuai UU No 9 Tahun 98, telah dikirimkan melalui jasa pengiriman titipan kilat ke Kantor Mabes Polri (Kabagintelkam) dan Polda Metro Jaya (Dirintelkam)," lanjutnya.

KSP dan MPBI berharap aksi itu diizinkan kepolisian RI karena faktanya jutaan buruh sampai saat ini masih tetap bekerja di pabrik-pabrik.

"Dengan argumentasi yang sama, seharusnya pihak Polda di seluruh wilayah Indonesia dan Mabes Polri mengizinkam buruh untuk aksi dalam peringatan May Day yang dipercepat peringatannya pada 30 April di depan DPR RI, Kantor Perekonomian RI, dan Kantor Gubernur di seluruh Indonesia," terang Said.

Menurutnya, buruh akan mengikuti protokol pandemi corona, yaitu jaga jarak, memakai masker, dan hand sanitizer.

"KSPI dan MPBI akan berkoordinasi dengan pihak Mabes Polri dan Metro Jaya untuk mencari solusi berkenaan rencana aksi buruh ini. Kami yakin akan mendapatkan titik temu," pungkasnya. (OL-1)

Baca Juga

Humas Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP)

Dukung SWF Indonesia, Jepang Siap Investasi Rp57 Triliun

👤(Des/Aiw/E-3) 🕔Minggu 06 Desember 2020, 05:25 WIB
JEPANG melalui Japan Bank for International Cooperation (JBIC) siap mendukung Sovereign Wealth Fund (SWF) Indonesia dengan menginvestasikan...
Istimewa

Penerapan Industri Hijau dan Circular Economy Naikkan Daya Saing

👤Haryanto 🕔Sabtu 05 Desember 2020, 22:35 WIB
PENINGKATAN produktivitas dan daya saing sektor industri manufaktur merupakan salah satu kunci untuk mengakselerasi pemulihan ekonomi...
Dok.BCA

BCA Raih 33 Award di Contact Center World - Asia Pasifik 2020

👤Heryadi 🕔Sabtu 05 Desember 2020, 21:22 WIB
PT Bank Central Asia Tbk (BCA) berhasil membuktikan layanan yang prima dengan membawa pulang 33 penghargaan dalam beberapa kategori ajang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya