Rabu 25 Maret 2020, 13:11 WIB

Ditjen Pajak Undurkan Batas Waktu Pelaporan Hingga 30 April

M Ilham Ramadhan | Ekonomi
Ditjen Pajak Undurkan Batas Waktu Pelaporan Hingga 30 April

Antara/Wahyu Putro
Spanduk mengingatkan masyarakat untuk taat bayar pajak.

 

Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan menerbitkan Keputusan Direktur Jenderal Pajak Kep-156/PJ/2020 tentang Kebijakan Perpajakan Sehubungan dengan Penyebaran Wabah Virus Korona 2019.

Direktur Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat Ditjen Pajak, Hestu Yoga Saksama melalui keterangan resmi yang diterima, Rabu (25/3) menuturkan, aturan itu mengatur beberapa hal terkait virus korona yang mempengaruhi wajib pajak dalam melaksanakan kewajiban perpajakannya.

Pertama, Ditjen Pajak menetapkan sejak 14 Maret hingga 30 April sebagai keadaan kahar (force majeur). Dengan begitu, wajib pajak orang pribadi yang melaporkan SPT tahun pajak 2019 dan yang melakukan pembayaran atas jumlah pajak yang kurang dibayar dalam SPT tahunan PPh orang pribadi 2019 diberikan penghapusan sanksi administrasi atas keterlambatan.

Kedua, wajib pajak orang pribadi yang menjadi peserta program amnesti pajak dan memiliki kewajiban untuk menyampaikan laporan realisasi pengalihan dan investasi harta tambahan, atau realisasi penempatan harta tambahan, dapat menyampaikan laporan paling lambat pada 30 April 2020.

Ketiga, wajib pajak dapat menyampaikan SPT Masa PPh pemotongan/pemungutan untuk masa pajak Februari 2020 pada tanggal 21 Maret hingga 30 April 2020 tanpa dikenai sanksi administrasi keterlambatan.

Terakhir, pengajuan upaya hukum tertentu yang memiliki hatas waktu pengajuan antara 15 Maret hingga 30 April 2020 diberikan perpanjangan batas waktu sampai 31 Mei 2020.

"Upaya hukum yang dimaksud yaitu permohonan keberatan, pengurangan atau penghapusan sanksi administrasi yang kedua dan pengurangan atau pembatalan surat ketetapan pajak atau surat tagihan pajak yang kedua," ujar Hestu. (Mir)

Baca Juga

Antara/Jessica Helena Wuysang.

Barantan Terapkan Layanan Terpadu untuk Genjot Ekspor Pertanian

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 17:08 WIB
Layanan teritegrasi, termasuk dengan instansi eksternal, itu dilakukan melalui Badan Karantina Pertanian...
Antara

RI Ingin Tekan Kerugian Ekonomi Akibat Perubahan Iklim Hingga Rp281,9 Triliun

👤Despian Nurhidayat 🕔Kamis 29 September 2022, 16:49 WIB
Dalam pembangunan rendah karbon, pemerintah memiliki lima strategi untuk digencarkan. Seperti, penanganan limbah, ekonomi sirkular dan...
MI/Susanto

Anggota Komisi IX Minta Kemnaker Bertanggungjawab Atas Kasus PMI di Inggris

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 16:29 WIB
ANGGOTA Komisi IX DPR RI, Irma Suryani Chaniago meminta Kemnaker ikut bertanggungjawab dengan permasalahan jerat utang dan penempatan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya