Senin 12 Agustus 2019, 17:55 WIB

Presiden Harapkan Penerapan B30 Bisa Dimulai Januari 2020

Akmal fauzi | Ekonomi
Presiden Harapkan Penerapan B30 Bisa Dimulai Januari 2020

Antara/Aprilio Akbar
Penerapan biodiesel

 

PENERAPAN kebijakan pemcampuran bahan bakar dengan minyak kepala sawit sebesar 20% (biodiesel B20) sejak 2018 dinilai Presiden Joko Widodo membawa hasil cukup signifikan bagi ekonomi RI. Ia pun berharap, mulai Januari 2020 sudah bisa diterapkan kebijakan biodiesel B30.

Hal itu menurut Presiden karena dirinya ingin mengurangi ketergantungan terhadap energi fosil, terutama mengurangi impor minyak.

"Kalkulasi kalau kita konsisten B20 ini, kita bisa hemat kurang lebih 5,5 miliar dolar AS per tahun. Ini angka yang gede banget," ujar Jokowi saat Rapat Terbatas soal evaluasi pelaksanaan mandatory biodiesel di kantor Presiden, Jakarta, Senin (12/8).

Baca juga : Program B20 Efektif Tekan Impor Migas

Melihat angka tersebut, Jokowi pun ingin B20 buru-buru pindah ke B30 di 2020 mendatang. "Dan selanjutnya di akhir 2020 sudah loncat lagi ke B50," kata dia.

Pemanfaatan kelapa sawit, lanjutnya, selain untuk menyelamatkan devisa negara dari impor minyak juga untuk mengatasi masalah yang menekan komoditas kelapa sawit selama ini.

"Tekanan pada kelapa sawit betul-betul perlu diantisipasi dari dalam negeri, sehingga kita bisa punya bargaining position pada Uni Eropa dan negara lain yang coba membuat bargaining position kita lemah,” kata Jokowi.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi juga menyampaikan akan mencek langsung urusan yang berkaitan dengan penggunaan B20 ini, termasuk nanti kalau meloncat ke B30. (OL-7)

Baca Juga

Dok. Petrokimia Gresik

Petrokimia Gresik Rilis Sekolah Makmur untuk Tingkatkan Produksi Pertanian

👤Andhika Prasetyo 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 21:16 WIB
“Program ini, merupakan salah satu implementasi dari strategi customer intimacy Petrokimia Gresik dalam menghadirkan solusi atas...
dok.Kementan

Pertanian Kokoh, Kementan Tanamkan Orientasi Bisnis pada Petani Milenial

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 21:15 WIB
REGENERASI petani bagi keberlanjutan pembangunan pertanian nasional, terus diupayakan oleh Kementerian Pertanian RI, utamanya generasi...
Antara/Basri Marzuki.

Pegadaian Sediakan Produk Bundling Investasi Emas dan Asuransi bagi Pengemudi Ojol

👤Ihfa Firdausya 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 17:44 WIB
PT Pegadaian bekerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Gojek memperkenalkan produk bundling investasi sekaligus asuransi bagi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya