Rabu 17 Juli 2019, 19:25 WIB

Travel Blogger Dunia Sesalkan Sikap Garuda Indonesia

Thomas Harming Suwarta | Ekonomi
Travel Blogger Dunia Sesalkan Sikap Garuda Indonesia

ANTARA
Maskapai Garuda Indonesia

 

KASUS hukum Rius Vernandes dengan Garuda Indonesia bukan saja disorot media nasional tapi juga merebut perhatian dunia internasional.
Ben Schlappig, seorang travel blogger dunia yang mengaku mendapat banyak surat elektronik dari Indonesia, ikut berkomentar tentang sikap Garuda Indonesia yang akhirnya memolisikan Rius Vernandes dengan tuduhan pencemaran nama baik.

Melalui laman pribadinya www.onemileatatime.com, Schlappig memperkenalkan dirinya sebagai travel blogger yang menyukai dunia penerbangan.

Ben memberi judul tulisannya: 'Outrageous: Garuda Indonesia Can’t Take Feedback'. Diawali dengan kalimat 'Oh Garuda Indonesia,' Ben intinya sangat menyesalkan langkah Garuda Indonesia yang bukannya menerima kritikan atau review yang dilakukan sebagai masukkan tetapi justru mengambil langkah hukum terhadap Rius dengan tduhan pencemaran nama baik.

"Dan sekarang Rius telah dipanggil oleh kepolisian atas pencemaran nama baik Garuda Indonesia. Intinya Benar-benar membingungkan bahwa Garuda Indonesia berpikir bahwa cara untuk menghadapi hal seperti ini adalah dengan mencoba menghukum orang yang justru memberi mereka masukkan. Mereka benar-benar membuat situasi ini jauh lebih buruk daripada bagaimana mereka harusnya bertindak. Mereka seharusnya cukup meminta maaf, menjelaskan apa yang terjadi, dan mengambil langkah perbaikan agar hal seperti itu tidak terjadi lagi di masa yang akan datang," tulis Ben.


Baca juga: Pemerintah Janji Permudah Perizinan Hulu Migas


Ia menambahkan, Garuda Indonesia dalam hal ini tidak cermat untuk mengambil sisi positif dari apa yang disampaikan Rius.

"Sangat ironis bahwa Garuda Indonesia berusaha melarang orang untuk mendokumentasikan pengalaman mereka di dalam pesawat. Padahal Garuda Indonesia memiliki beberapa layanan terbaik dari maskapai mana pun di dunia, dan saya berpendapat bahwa mereka secara tidak proporsional menerima manfaat positif dari orang-orang yang 'mendokumentasikan' pengalaman mereka di dalam pesawat," tulis Ben lebih lanjut.

Ben bahkan pernah me-review pengalamannya terbang dengan first class bersama Garuda Indonesia dari London ke Jakarta pada Desember 2016 lalu yang memberi dia kesan sangat luar biasa.

"Garuda benar-benar terbaik di kelasnya untuk awak kabin mereka. Pramugari yang luar biasa memberikan pelayanan. Tapi di luar itu, makanannya sangat enak, wifi gratis, dan ada banyak sentuhan kecil yang membuat penerbangan jadi istimewa. Bagi saya ini adalah penerbangan favorit saya, dan kelas satu Garuda Indonesia mungkin menjadi produk kelas satu favorit saya di dunia," begitu kata Ben saat dia me-review pengalamannya bersama Garuda ketika itu.

Namun dengan kejadian yang menimpa Rius, kata dia, Garuda Indonesia tampaknya hanya ramah atas umpan balik yang positif dan resisten terhadap kritik.

"Tapi sepertinya mereka hanya bisa menangani respons balik yang positif. Situasi ini terus terang membuat saya kehilangan respek terhadap maskapai ini terutama pihak manajemen," tutup Ben. (OL-1)

Baca Juga

Dok. Kementan

HUT Kemerdekaan di Kanpus Pertanian, Mentan SYL Ajak Kembalikan Kejayaan Pangan Nasional

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 11:09 WIB
SYL mengatakan, menekan ketergantungan impor harus bisa dibuktikan dengan peningkatan produksi tanaman pangan dan juga produksi panganan...
Dok. DPR RI

Komisi V Sesalkan Menhub Tidak Koordinasi Terkait Kenaikan Tarif Ojek Online

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 11:04 WIB
Padahal menurut dia, keputusan tersebut berdampak pada masyarakat luas sehingga memerlukan pertimbangan yang matang dan...
Dok. Bank Mandiri

Serentak, 241 Smart Branch Bank Mandiri Hadir di Seluruh Indonesia

👤Mediaindonesi.com 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 10:59 WIB
Nasabah yang datang ke Smart Branch by Mandiri akan merasakan pengalaman perbankan yang cepat, mudah, aman, dan handal didukung digital...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya