Selasa 28 Mei 2019, 21:36 WIB

UE: Indonesia Berhak Mengadu ke WTO Soal Sawit

Atikah Ishmah Winahyu | Ekonomi
UE: Indonesia Berhak Mengadu ke WTO Soal Sawit

Antara/Muhammad Adimaja
Kuasa Usaha Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia Charles Michel Geurts

 

KUASA Usaha Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia Charles Michel Geurts mengungkapkan, Uni Eropa (UE) akan terus meninjau kembali Delegated Act atau implementasi regulasi untuk kesepakatan Renewable Energy Directive II.

Menurut dia, implementasi regulasi tersebut merupakan sebuah proses dinamis.

"Tentu saja (meninjau), Delegated Act adalah proses dinamis. Review (tinjauan kembali) telah dijadwalkan pada 2021 dan 2023 sebelum dampak dari implementasi regulasi tersebut terjadi pada 2024," ungkap Charles di Jakarta (28/5).

Baca  juga : Pungutan Ekspor Sawit Harus Kembali Diterapkkan

Charles mengungkapkan, UE akan melakukan tinjauan kembali berdasarkan data terbaru sehingga penting bagi Indonesia untuk memperbaiki aturan-aturan yang ada terkait penanaman dan produksi sawit.

Dia menambahkan, Deligated Act bukanlah tentang dagang ataupun pemboikotan, melainkan sebuah upaya UE terkait energi terbarukan. Charles pun tidak mempermasalahkan keputusan Indonesia untuk mengajukan persoalan ini kepada World Trade Organization (WTO).

"Kalau Indonesia ingin fokus pada trade/perdagangan, itu merupakan hak Indonesia untuk mengajukan complain pada WTO dan memang itu salah satu caranya," terangnya.

Namun Charles optimis bahwa kerja sama antara UE dan Indonesia akan terus terjalin dengan baik karena kedua negara memiliki tujuan yang sama terutama terkait suistainable development.

"Kami sedang menantikan untuk duduk bersama Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Koordinasi Bidang Ekonomu untuk duduk bersama dan memikirkan proyek untuk palm oil sustainability," tandasnya. (OL-8)

Baca Juga

MI/Lilik Darmawan

Produk UMKM Ingin Diekspor, Teten : Daya Saing Produk Ditingkatkan

👤Despian Nurhidayat 🕔Jumat 22 Januari 2021, 23:21 WIB
“Untuk memperbesar kapasitas UMKM agar berkontribusi dalam ekspor nasional, KemenKopUKM tahun ini akan mendorong UMKM masuk ke sektor...
Ilustrasi

PGN Kembangkan Digitalisasi untuk Optimalkan Usaha

👤Andhika Prasetyo 🕔Jumat 22 Januari 2021, 23:18 WIB
Saat ini, PGN telah memiliki sistem informasi yang mengintegrasikan seluruh anak usaha sehingga meningkatkan efisiensi dan efektivitas...
Ist

Produk Perawatan Kulit Ini Tebar Promo Belanja Online

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 22 Januari 2021, 22:35 WIB
Produk unggulan yang ditawarkan meliputi produk pemenang Glowpick Award...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya