Kamis 07 Februari 2019, 20:18 WIB

Bulog Perlu Ubah Strategi Penyerapan Stok

Cahya Mulyana | Ekonomi
Bulog Perlu Ubah Strategi Penyerapan Stok

ANTARA FOTO/Ampelsa

 

PENGAMAT pertanian dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Dwi Andreas Santosa menyarankan PT Perum Bulog mengubah cara penyerapan beras supaya tidak terjadi penurunan kualitas. Hal itu untuk mempercepat masa peralihan dari Beras Sejahtera (Rastra) ke Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

"Saya menyarankan Bulog segera mempercepat masa peralihan dari penyerapan stok dari Rastra menjadi BPNT dengan masuk ke pasar ritel. Itu supaya tidak terjadi penumpukan cadangan beras dan mencegah penurunan kualitas," katanya kepada Media Indonesia, Kamis (7/2).

Menurut dia, program BNPT yang baru berjalan beberapa waktu terakhir membuat cadangan beras di Bulog membengkak. Pasalnya dengan program baru tersebut tujuan beras Bulog menyusut separuh lebih.

Akibatnya, lanjut dia, beras di gudang Bulog mengendap sehingga terjadi penurunan kualitas. "Maka Bulog perlu segera memperbaiki manajemen perputaran beras dengan membuka penyerapan baruseperti masuk ke pasar ritel. Kemudian pemerintah perlu turun tangan karena ini masuk cadangan beras negara," pungkasnya.

Baca juga: Perum Bulog Klaim Terapkan Pengelolaan Beras dengan Baik

Pada kesempatan berbeda, Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Rusli Abdullah mengatakan cadangan beras Bulog harus dijaga supaya tidak terjadi kekurangan pasokan dan menjaga stabilitas harga. Oleh sebab itu beras yang sudah lama ditimbun perlu dikeluarkan dengan berbagai strategi pemasaran.

Terlebih, kata dia, bulan depan masa panen yang tentu akan menambah cadangan beras. "Dengan begitu manajemen beras di Bulog harus lebih profesional supaya tidak terjadi penurunan kualitas namun bisa mengantisipasi kekurangan akibat gagal panen atau potensi lain sampai akhir tahun,"tutupnya. (OL-7)

Baca Juga

dok.tangkapan layar

Generasi Emas, Kementan Tekankan Pembinaan Petani Milenial

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 16 Januari 2022, 22:18 WIB
PERAN generasi muda sangat sentral dalam pembangunan nasional, dimana jumlah penduduk usia produktif akan berada di titik tertinggi sebagai...
Antara

Presiden Setujui Insentif Pajak Penjualan Barang Mewah Otomotif

👤M Ilham Ramadhan Avisena 🕔Minggu 16 Januari 2022, 21:45 WIB
Selain insentif PPnBM mobil baru, Preside juga menyetujui pemberian insentif PPn...
DOK/BOGASARI

Pembuat Roti Kaget dan Terharu Dapat 50 Gram Emas dari Bogasari

👤Media Indonesia 🕔Minggu 16 Januari 2022, 18:50 WIB
Berusia 50 Tahun, Bogasari  menggelar beragam apresiasi untuk pelaku UKM berbasis...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya