Minggu 17 Januari 2021, 02:00 WIB

Bakmi Mantap dari Resep Keluarga

MI | Weekend
Bakmi Mantap dari Resep Keluarga

Dok. Bakmi Mantap-Kan
Bakmi Mantap

BAKMI bisa dibilang makanan yang digemari orang lintas usia. Bukan itu saja, bakmi juga dianggap praktis karena bisa dijadikan makanan utama ataupun selingan serta cocok dimakan kapan saja.

Sebab itu, usaha kuliner yang menonjolkan bakmi terus bermunculan. Berbagai inovasi pun dibuat pengusaha agar sajian bakminya berbeda dari yang sudah ada.

Hal itu pula yang kali ini dilakukan Kevin Kantono, pemilik Bakmi Mantap-kan. Berdiri sejak Maret lalu, usaha bakmi itu dijalankan di dapur rumahnya di Joglo, Kembangan, Jakarta Barat. Kevin mengungkapkan semula bakmi itu merupakan makanan keluarganya. Namun, pandemi covid-19 turut berimbas pada keuangan nya hingga ia pun harus membuat pemasukan baru dengan cara jualan bakmi.

Bakmi Mantap-kan memiliki beberapa varian, yakni orisinal, hijau, dan yang terbaru ialah mi hitam. Menurut Kevin, selama ini banyak mi hitam yang diproduksi menggunakan tinta cumi. Akan tetapi, mi buatannya ini menggunakan bahan yang berbeda, yakni kabron hitam (charcoal). Bakmi tersebut juga tersedia dalam bentuk frozen pack sehingga kita dapat memasak sendiri.

“Seratnya lebih tinggi dan cenderung lebih baik untuk detoksifikasi. Mi konotasinya kan selalu pakai boraks begitu ya, nah kita coba switch mi ini istilahnya agar lebih sehat, tanpa micin, tanpa MSG,” tutur Kevin saat dihubungi melalui aplikasi konferensi, Selasa (15/12).

Media Indonesia mencoba bakmi charsiu ayam mix ayam kecap yang menggunakan mi hitam dan bakmi hijau ayam jamur, yang keduanya
dalam bentuk frozen pack. Jika sajian pertama lebih menonjolkan daging, sajian yang kedua memiliki porsi ayam dan sayur yang seimbang.

Kevin menjelaskan mi hijau buatannya ini dibuat dari sari sayuran. Teksturnya sama seperti mi hitam, ditambah kenyalnya jamur dan empuknya daging ayam. Untuk semua ayam yang disertakan dalam tiap menu, Kevin mengatakan Bakmi Mantap-kan menggunakan ayam kampung karena mengutamakan kualitas bagi pelanggan, selain juga memberikan pangsit dan daun bawang.

Dalam satu paket Bakmi Mantap-kan, pelanggan akan mendapatkan dua porsi bakmi bersama bumbu, topping, sambal, pangsit, dan minyak ayam. Ekstra oil-nya cukup juara karena gurih dan lezat.

Agar nikmat maksimal, memasak bakmi ini ialah dengan merebus bumbu dan mi secara terpisah. Bumbu yang sudah direbus dituangkan ke mangkuk dan baru setelahnya dituangkan mi yang cukup direbus selama 1 menit 30 detik. Durasi ini harus presisi agar dapat menghasilkan tekstur yang baik.

Kevin mengatakan melayani pembelian mi baik dari dalam Kota Jakarta maupun luar kota. Untuk pengantaran di dalam kota menggunakan jasa ojek daring. (Gas/M-1)

Baca Juga

MARK RALSTON / AFP

Film Biopic Tina Turner Diputar di Festival Film Berlin

👤Adiyanto 🕔Selasa 02 Maret 2021, 20:39 WIB
Film dokumenter itu berkisah tentang enam dekade perjalanan karier Turner di industri musik...
Sam KINGSLEY / AFP

Warga Finlandia Gemar Berselancar di Laut yang Beku

👤Adiyanto 🕔Selasa 02 Maret 2021, 17:18 WIB
Harjula secara teratur mengajarkan olahraga ini kepada peselancar pemula. Menurut dia, olahraga ini makin diminati dalam beberapa pekan...
Dok. Instagram @brunomars

Terjun Ke Fesyen, Bruno Mars Jadi Sosok Bernama Ricky Regal

👤Putri Rosmalia 🕔Selasa 02 Maret 2021, 16:15 WIB
Mars mengaku butuh alter ego agar bisa berpikir sebagai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya