Kamis 26 November 2020, 10:05 WIB

Ada 40 Film Gratis di Festival Film Dokumenter 2020

Fathurrozak | Weekend
Ada 40 Film Gratis di Festival Film Dokumenter 2020

FFD 2020
Film Help is On The Way karya Ismail Fahmi menjadi salah satu film yang akan diputar di Festival Film Dokumenter 2020

UNTUK ke-19 kali, Festival Film Dokumenter kembali digelar. Pada FFD 2020 ini ada 40 film dari 19 negara yang akan diputar dan dapat diakses gratis di ffd.or.id.

Pembukaan festival yang berlangsung hingga 14 Desember ini telah digelar Rabu (25/11). “Penyelenggaraan ke-19 ini kami ambil sebagai upaya dukungan pengembangan film dokumenter baik secara kualitas maupun kuantitas. Hadir sebagai titik temu antara pembuat dokumenter dan publik," kata Direktur FFD 2020 Anita Reza Zein.

Musisi Leilani Hermiasih atau yang lebih akrab dikenal dengan nama Frau menjadi salah satu penampil di acara pembukaan. Ia menyanyikan Tarian Sari, dan dua lagu dari album Dunia Milik Kita (Dialita) berjudul Ujian dan Kupandang Langit.

“FFD 2020 ini juga berefleksi dari situasi membingungkan ini. Sehingga, tahun ini mereka ingin menjalin interaksi dengan lebih banyak orang dan mencari kemungkinan solusi atas masalah yang ada di masa depan dan bahkan juga untuk sekadar menyuguhkan hiburan semata,” katanya di tengah penampilannya.

Tahun ini, FFD dibuka dengan film In Touch (2018) karya Pawel Ziemilski. Dalam program kompetisi, terdapat empat kategori. Pada kategori film kompetisi panjang internasional, diikuti oleh 10 film, terdiri dari Areum Married (Korea Selatan), Aswang (Filipina), Judy Versus Capitalism (Kanada), La Vida en Comun (Argentina), Malditos (Spanyol, Italia), Nan (Tiongkok, AS), Suzanne Daveau (Portugal), Tender (Prancis), The Whale from Lorino (Polandia), dan Yu Gong (Jerman).

Pada kategori film kompetisi panjang Indonesia, diikuti oleh tiga film, yakni Help Is On The Way (Ismail Fahmi Lubis), kOsOng (Chonie Prysilia, Hizkia Subiyantoro), dan Pulejajar (Khusnul Khitam). Sementara kategori film kompetisi pendek diikuti oleh empat film, memories/fortress (Moses Parlindungan), Minor (Vena Besta Klaudina, Tazkiyatun Nufus), Salmiyah (Harryaldi Kurniawan), dan Sisa Suara (Muhammad Andriandino Nugraha). 

Di film kompetisi pelajar, ada pula tiga film yang bersaing, yakni Bunyi Banyu (Dede Haykal), Rintih di Tanah yang Pilu (Muhammad Fitra Rizkika, Rahma Wardani), dan Sinema Pelajar Kebumen (Nanda Taufik Hidayat). (M-1)

Baca Juga

Netflix

Ozark dan The Crown Bawa Netflix Dominasi Critic's Choice Award

👤Irana 🕔Selasa 19 Januari 2021, 16:13 WIB
Critic's Choice Award 2021 akan dihelat pada 7 Maret...
FACEBOOK / AFP

Para Aktivis ini Dinominasikan Raih Penghargaan HAM

👤Adiyanto 🕔Selasa 19 Januari 2021, 11:00 WIB
Salah satu nominator acara yang akan dihelat 11 Februari ini adalah aktivis perempuan Saudi, Loujain...
Sam YEH / AFP

Ilmuwan Berhasil Menyembuhkan Tikus yang Alami Kelumpuhan

👤Deden Ronjani 🕔Selasa 19 Januari 2021, 08:00 WIB
Terapi gen hanya untuk beberapa sel saraf dapat merangsang regenerasi aksonal berbagai sel saraf di otak dan beberapa saluran motorik di...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya