Sabtu 11 Juli 2020, 15:00 WIB

Youtuber Kini bisa Cek Penghasilan Mereka dengan Cara Ini

Galih Agus Pradana | Weekend
Youtuber Kini bisa Cek Penghasilan Mereka dengan Cara Ini

LIONEL BONAVENTURE/AFP
Logo Youtube

APA yang paling membahagiakan bagi kreaton konten Youtube selain mendapat popularitas dan ruang untuk berekspresi? Tak lain dan tak bukan, tentunya adalah pundi-pundi rupiah dari AdSense atau kerjasama pengiklan.

Kabar baiknya, kini Youtube telah meluncurkan fitur baru untuk para kreator agar dapat memantau langsung penghasilan mereka . Fitur itu bernama Revenue Per Mil (RPM), yang sebenarnya mirip dengan fitur terdahulu yakni Cost Per Mil (CPM).

Meski terdengar sama, fitur itu sebenarnya sangat berbeda utilitasnya. RPM adalah metrik standar yang dirancang Youtube untuk kreator konten, sementara CPM ditujukan untuk para pengiklan agar dapat memantau biaya yang harus dikeluarkan untuk setiap 1000 tayangan iklan.

RPM dibuat khusus, misalnya, untuk melihat jumlah total penayangan video, termasuk video yang tidak dimonetisasi. Seberapa banyak kreator kehilangan penghasilan dari konten yang tidak memenuhi syarat untuk monetisasi, dan perubahan apa yang dapat dilakukan untuk memastikan konten agar di masa depan dapat dimonetisasi juga bisa diawasi melalui fitur ini.

“RPM adalah gambaran dari tingkat di mana Anda menghasilkan uang di Youtube. Apakah RPM naik atau turun, itu merupakan indikasi dari hal-hal yang berfungsi atau tidak bekerja dalam strategi pendapatan Anda," tutur Tim Google, sebagaimana dilansir The Verge.

Apa yang meyakinkan dari metrik RPM ini adalah Youtube mengakui atau memberikan transparasi kepada kreator terkait monetisasi. Sebelumnya, Youtube juga sudah memperkenalkan berbagai alternatif monetisasi, mulai dari keanggotaan saluran (langganan), hingga fitur obrolan seperti Super Chat (donasi), maupun rak dagangan di kanal kreator untuk membantu diversifikasi pendapatan selain dari iklan. (M-4)

Baca Juga

moneyning.com

Tips Mengatur Keuangan saat Ramadan Tiba

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 13 April 2021, 20:30 WIB
Setidaknya empat dari 10 orang di Indonesia mengalami kesulitan dalam mengatur keuangan selama Ramadan khususnya di tengah berlangsungnya...
foryourmarriage.org

Semakin Pratis, Inilah Kumpulan Aplikasi untuk Memesan Makanan

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 13 April 2021, 19:00 WIB
Puasa di bulan Ramadan tahun ini kembali dijalani di tengah pembatasan aktivitas fisik karena pandemi virus corona masih...
Hector RETAMAL / AFP

WHO Mendesak Larangan Penjualan Mamalia Liar hidup di Pasar

👤Adiyanto 🕔Selasa 13 April 2021, 17:00 WIB
Saat ini, pedoman sementara tengah disusun bersama Organisasi Dunia untuk Kesehatan Hewan (OIE) dan Program Lingkungan Perserikatan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Salah Kaprah Salurkan Energi

Kenakalan remaja pada masa lalu hingga masa kini masih ada, bahkan semakin meninggi. Itu terjadi karena remaja sering kali mementingkan solidaritas grup.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya