Senin 05 Desember 2022, 14:23 WIB

Era Disrupsi Teknologi Digital di Indonesia Menjadi Keniscayaan

Henri Siagian | Teknologi
Era Disrupsi Teknologi Digital di Indonesia Menjadi Keniscayaan

MI/Benny Bastiandy
Dampak gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat, Jumat (25/11). BNPB telah memanfaatkan GeoAI membangun dasbor penanggulangan bencana korban gempa.

 

Era disrupsi teknologi digital di Indonesia sudah menjadi keniscayaan dalam menyongsong revolusi industri 4.0 yang ditandai dengan semakin masifnya penggunaan Internet of Thing (IoT).

Bahkan, saat ini, telah berlangsung disrupsi digital teknologi yang menjadi kebutuhan sehari-hari adalah pemanfaatan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), di mana hal tersebut membawa konsekuensi perubahan secara revolusioner berbasis penerapan teknologi terkini. Contoh sederhana pemanfaatan AI tersebut dapat kita cermati pada perkembangan layanan daring pada sektor transportasi, perbankan, e-commerce hingga keuangan digital.

Baca juga: Potensi Society 5.0 Tingkatkan Kualitas Hidup Masa Depan

Dalam upaya menangkap peluang pemanfaatan kecerdasan buatan, Esri Indonesia sebagai bagian dari Esri Global yang merupakan pelopor sekaligus perusahaan penyedia perangkat lunak dan solusi berbasis sistem infomasi geografis terdepan, akan menggelar GeoAI Summit pada Selasa (6/12) di Hotel Four Seasons Hotel Jakarta.  

GeoAI Summit 2022 ini merupakan forum pertemuan antarpemangku kepentingan atau stakeholders seperti Pemerintah sebagai Regulator, Legislator, Pelaku Industri serta User yang sangat tertarik mengimplementasikan teknologi GeoAI di ranah masing-masing. Sebab, pada perkembangannya saat ini, kecerdasan buatan adalah suatu kebutuhan.

Menurut Country Manager Esri Indonesia Christanto Yanuar, banyak perusahaan yang menawarkan solusi AI, namun yang menggabungkan kecerdasan lokasi (data, informasi geografis) dengan AI adalah nilai tambah yang ditawarkan.

Baca juga: Studi ManageEngine: 78% Pengambil Keputusan TI Dilakukan Secara Demokratis

GeoAI Summit 2022 akan menghadirkan narasumber dalam forum seminar yang sangat kompeten di bidang masing-masing. Yaitu Kepala Pusat Pemetaan Rupabumi dan Toponim, Badan Informasi Geospasial (BIG) Ade Komara Mulyana, Kepala Pusat data dan Informasi Teknologi, Sekertariat Jenderal Kementrian PUPR Nazib Faizal, Head of GIS Wilmar International Plantation Tri Haryo Sagoro, serta Kepala Departemen Lalu Lintas, Astra Tol Cipali Prayogi Setyo Pratomo.

“Kita berharap, GeoAI Summit 2022 yang menghadirkan para stakeholders ini bisa saling bertukar pikiran dan berdikusi tentang substansi bagaimana Indonesia dalam menghadapi revolusi kecerdasan buatan (AI) di masa mendatang. Kami, Esri Indonesia sangat opmitis bahwa Indonesia akan menjadi pelaku utama revolusi digital teknologi berbasis AI ke depan,” jelas Christanto Yanuar.
 
Yanuar mencontohkan pemanfaatan GeoAI bersama Esri Indonesia, bagaimana BNPB membangun dasbor penanggulangan bencana korban gempa Cianjur agar mendapat koordinat yang tepat, di titik mana kerusakan, dan dampak terparah untuk menentukan prioritas pengiriman bantuan.

Baca juga: Bahaso Hadirkan MetaHuman Avatar Menkominfo Saat Opening DTE G20

Demikian juga dengan Dinas Bina Marga Kementrian PUPR melakukan perhitungan jumlah dan klasifikasi jenis kendaraan yang melintas di jalan Ibu Kota, untuk menentukan perencanaan pemeliharaan aset jalan dan pengalihan rute apabila terjadi gangguan.

Astra Tol Cipali tak kalah perannya, dengan menggunakan CCTV, IoT, machine learning dan perangkat lunak ArcGIS untuk mengevaluasi kondisi trotoar, jembatan, fitur jalan untuk pemeliharaan dan perencanaan investasi ke depannya.

Begitupun dengan Wilmar International Plantation, menggunakan GeoAI untuk memantau kesehatan tanaman sawit yang ada di ratusan ribu hektare lahan secara akurat dan real time. (X-15)

Baca Juga

AFP

Sebagian Pemilik Aset Kripto Rentan Ancaman Siber

👤Budi Ernanto 🕔Minggu 29 Januari 2023, 13:02 WIB
Ada juga 38% responden yang tidak menyadari bahwa mereka bisa menjadi target ancaman kripto, bahkan jika mereka tidak memiliki aset...
Ist

Melalui Creator Academy, Social Bread Siap Majukan Kreator Konten Tanah Air

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 29 Januari 2023, 11:17 WIB
Social Bread menggelar acara grand launching Creator Academy di Social Bread Creator Hub, The Breeze, BSD City, Sabtu...
AFP/Kirill KUDRYAVTSEV

Google Hadirkan Penguncian Tab Incognito di Chrome untuk Android

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 29 Januari 2023, 10:45 WIB
Fitur ini cocok bagi para pengguna perangkat pintar baik itu tablet maupun ponsel pintar yang menggunakan perangkatnya untuk...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya