Jumat 18 November 2022, 19:42 WIB

Hindari Plagiarisme di Tanah Digital, Cek Karyamu dengan Alat Ini

Mediaindonesia.com | Teknologi
Hindari Plagiarisme di Tanah Digital, Cek Karyamu dengan Alat Ini

Freepik.com
Ilustrasi plagiarisme

 

KECANGGIHAN teknologi membuat seseorang begitu mudah mengambil atau menjiplak sebagian karya orang lain di ruang digital. Padahal, apa yang dilakukannya merupakan tindak plagiarisme yang melanggar hukum. 

Penting untuk memahami ragam plagiarisme untuk menghargai karya cipta orang lain dan menghindari pelanggaran hukum. Hal itu mengemuka dalam webinar yang mengambil tema “Jangan Asal Comot, Kenali Plagiarisme Digital!” di Pontianak, Kalimantan Barat, yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi. 

Plagiarisme merupakan salah satu bentuk pelanggaran karya milik orang lain karena menggunakan sebagian atau keseluruhan tanpa seizin pemiliknya. Perkembangan teknologi digital saat ini membuat beberapa orang tanpa sengaja maupun disengaja melakukan praktik plagiarisme. Padahal, apa yang dilakukannya tersebut melanggar etika digital dan hukum positif yang berlaku. 

Menurut dosen Teknik Industri Universitas Islam Indonesia Yogyakarta Alif Lukmanul Hakim, di dunia akademis, sangat penting memeriksa plagiarisme lantaran sulitnya menuliskan hasil penelitian sehingga tak jarang karya ilmiah yang dijadikan referensi malah ditulis utuh. Tindakan yang demikian itu, menurut dia, sudah masuk kategori plagiarisme. 

“Oleh karena itu, cek plagiarisme penting untuk menghindarkan diri dari tindak kejahatan. Selain itu, menjaga kualitas karya ilmiah tetap baik disebabkan sekecil apapun plagiarisme yang dilakukan akan menurunkan kualitas karya ilmiah itu sendiri,” ujarnya. 

Alif menuturkan, beberapa alat yang dapat digunakan dalam cek plagiarisme adalah Duplichecker yang bisa mendeteksi tulisan apakah itu asli atau hasil plagiat. Berikutnya adalah Plagiarism Checker Small SEO Tools, yang bisa dipasang pada wordpress website penggunanya. Lalu ada pula Turnitin yang khusus dirancang untuk akademisi yang dapat mendeteksi plagiarisme sebuah dokumen. 

Dosen UIN Alauddin Makassar Andi Fauziah Astrid memberikan tips agar terhindar dari plagiarisme. Caranya adalah dengan memperhatikan pengambilan kutipan; melakukan parafrase; mengecek lebih awal dokumen yang hendak ditulis; do manual things; dan manajemen waktu. 

Sebab, menurut dia, salah satu alasan orang melakukan plagiat adalah waktu yang dimiliki terbatas atau memang malas melakukan segala sesuatu secara mandiri. 

Baca juga : Masyarakat Diimbau Jangan Percaya Data Pribadi yang Dijual Bjorka

“Kita diharapkan mampu menyeleksi dan memverifikasi informasi yang didapatkan serta menggunakannya untuk kebaikan sesama,” ucap Fauziah. 

Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Teknologi Yogyakarta Ade Irma Sukmawati mengingatkan, Undang-Undang tentang Informasi dan Transaksi Elektronik pada Pasal 25 menyebutkan bahwa informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik yang disusun dan didaftarkan sebagai karya intelektual, hak cipta, paten, merek, rahasia dagang, desain industri dan sejenisnya dilindungi oleh undang-undang. 

Dalam pemanfaatan teknologi informasi, masih dalam UU yang sama, perlindungan data pribadi merupakan salah satu bagian dari hak pribadi. 

“Pastikan telah melindungi karya dengan melengkapi identitas dan ciri khas. Lalu, pastikan bahwa data yang dibagikan di dalam karya bukan merupakan data pribadi yang bersifat rahasia,” ucapnya. 

Dengan hadirnya program Gerakan Nasional Literasi Digital oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI diharapkan dapat mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif. 

Kegiatan itu khususnya ditujukan bagi para komunitas di wilayah Kalimantan dan sekitarnya yang tidak hanya bertujuan untuk menciptakan Komunitas Cerdas, tetapi juga membantu mempersiapkan sumber daya manusia yang lebih unggul dalam memanfaatkan internet secara positif, kritis, dan kreatif di era industri 4.0. 

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bersama GNLD Siberkreasi juga terus menjalankan program Indonesia Makin Cakap Digital melalui kegiatan-kegiatan literasi digital yang disesuaikan pada kebutuhan masyarakat. (RO/OL-7) 

Baca Juga

Dok. Niantic

Pokemon GO Gelar Event Spesial di Ajang Pokemon Festival Jakarta

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 08 Desember 2022, 18:00 WIB
Selain dapat mengikuti berbagai aktivitas lapangan spesial, para Pelatih yang mengunjungi lokasi acara juga akan mendapatkan beberapa bonus...
DOK Pribadi.

Cegah Covid-19 dalam Ruangan, Pakai Pembersih Udara Kapasitas Besar

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 08 Desember 2022, 11:01 WIB
Tidak semua alat pembersih udara efektif dapat menjaga aktivitas banyak orang dalam...
AFP/Lionel BONAVENTURE

Apple Rilis Apple Music Sing, Fitur Karaoke

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 08 Desember 2022, 10:30 WIB
Pengguna layanan Apple Music di seluruh dunia dikabarkan akan bisa memanfaatkan Apple Music Sing di seluruh perangkat Apple mulai dari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya