Minggu 10 Oktober 2021, 08:22 WIB

LPKAN Indonesia Siapkan Aplikasi Berbasis Database

mediaindonesia.com | Teknologi
LPKAN Indonesia Siapkan Aplikasi Berbasis Database

dok.pribadi
Ketua Umum DPP LPKAN Indonesia R M Ali Zaini (batik) didampingi dewan penasehat DPP LPKAN Antasari Azhar.

 

UNTUK mendukung penyelenggaraan negara yang good governance profesional, transparan dan akuntabel, Lembaga Pemantau Kinerja Aparatur Negara (LPKAN) Indonesia, siap meluncurkan beberapa aplikasi untuk memudahkan masyarakat.

Ketua Umum DPP LPKAN Indonesia R M Ali Zaini mengungkapkan, saat ini publik sudah terjebak dalam perang artifisial intelejen yang ada keterkaitannya dengan bigdata.

“Sehingga ketika kita pergi ke lubang tikus pun bisa terdeteksi, sepanjang kita masih menggunakan smart phone,” ungkap Ali dalam keterangannya, Minggu (10/10).

Ali mengatakan, aplikasi yang akan diluncurkan di antaranya bagaimana memudahkan warga untuk mengadukan berbagai macam persoalan. Baik itu terkait persoalan politik, ekonomi, sosial maupun budaya.

“Jadi masyarakat tidak perlu datang ke instansi tertentu, ataupun hanya berteriak-teriak di media sosial mengkritik kekurangan pemeritah. Tapi sistem aplikasi yang akan diluncurkan oleh LPKAN Indonesia ini memudahkan pegaduan masyarakat. Bagaimana kita menggunakan  teknologi yang benar,” ujar Ali.  

Ali mengingatkan, bahwa kondisi negara saat ini berada dalam cengkraman pengawasan global. Tinggal bagaimana ekses dari pengawasan global tersebut mampu diakselerasikan menjadi kegiatan yang lebih produktif.

“Oleh karenanya kita harus bersinergi dengan lambaga terkait.  Sehingga kita menemukan hipotesa. Dari tesis yang ada kemudian kita bisa menemukan sintesa. Sehingga kita dapat mengambil kesimpulan awal. Kemudian kita sudah bisa memproyeksikan seperti apa dalam menyelesaikan suatu persoalan,” kata Ali penuh semangat.

Untuk itu, pihaknya terus berupaya memfungsikan 'the dream team' yang ada di LPKAN Indonesia, untuk menciptakan sejumah aplikasi yang berbasis teknologi guna membantu program dan kinerja pemerintah. (OL-13)

Baca Juga: Jokowi Genjot Infrastruktur, #PapuaTerkoneksi Trending di Twitter

Baca Juga

Dok.Ist

Fotile Indonesia Perkenalkan Konsep Dapur Bahagia

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Mei 2022, 20:15 WIB
Fotile telah banyak berinvestasi dalam praktik penelitian dan pengembangan peralatan dapur terkemuka di dunia selama 25...
Ist/Kemenkominfo

Kemenkominfo Gandeng Aruna Sosialisasi Adopsi Teknologi Digital Bersama Nelayan

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Mei 2022, 13:48 WIB
Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung upaya Kemenkominfo dalam mengedukasi masyarakat akan teknologi digital khususnya bagi nelayan...
AFP

Penelitian Terbaru Ungkap Sejumlah Tantangan Edge Computing

👤Budi Ernanto 🕔Jumat 27 Mei 2022, 12:15 WIB
Ada strategi-strategi yang dapat diadopsi oleh para profesional di bidang TI dan pengambil keputusan untuk future-proofing kemampuan edge...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya