Rabu 16 November 2022, 11:00 WIB

Lloris tidak akan Pakai Ban Kapten Pelangi di Piala Dunia 2022

Dhika Kusuma Winata | Sepak Bola
Lloris tidak akan Pakai Ban Kapten Pelangi di Piala Dunia 2022

AFP/Bertrand GUAY
Kiper timnas Prancis Hugo Lloris

 

KAPTEN timnas Prancis Hugo Lloris tidak akan mengenakan ban lengan pelangi untuk kampanye melawan diskriminasi LGBTQ+ di Piala Dunia 2022 di Qatar. Sikap itu diambilnya demi menghormati norma yang berlaku di Qatar.

"Ketika di Prancis, kami menyambut orang asing. Kami ingin mereka mengikuti aturan kami, menghormati budaya kami, dan saya akan melakukan hal yang sama ketika saya pergi ke Qatar. Sesederhana itu," ujar kiper Tottenham Hotspur itu.

Kampanye antidiskrimasi LGBTQ+ di Piala Dunia kali ini menjadi buah bibir. Beberapa tim negara Eropa sudah menyatakan akan mengenakan ban kapten pelangi untuk kampanye tersebut.

Baca juga: Marcus Thuram, Pemain Terakhir Prancis yang Berangkat ke Qatar

FIFA sendiri belum mengeluarkan pernyataan terkait dan permintaan izin dari federasi negara Eropa untuk mengenakan ban pelangi tidak kunjung dijawab.

Lloris menyebut untuk urusan itu membutuhkan persetujuan FIFA begitu juga federasi negara masing-masing.

Adapun Presiden Federasi Sepak Bola Prancis (FFF) Noel Le Graet, pada kesempatan lain, sudah mengisyaratkan lebih suka pemainnya tidak memakai ban kapten pelangi demi menahan diri menggurui negara tuan rumah.

Lloris menyatakan pilihannya untuk tidak mengenakan ban kapten pelangi murni didasari pemikiran untuk menunjukkan respek kepada Qatar. Dia menyampaikan sikapnya bukan berarti tidak peka terhadap masalah hak asasi manusia di Qatar.

"Tentu saja, saya punya pendapat pribadi tentang topik ini dan itu cukup dekat dengan presiden (federasi Prancis)," ujarnya.

"Saya bisa setuju atau tidak setuju dengan ide-ide mereka tapi saya harus menunjukkan rasa hormat," tukasnya.

Di sisi yang sama, Lloris mengaku khawatir terlalu banyak tekanan kepada para pemain untuk menggunakan ajang Piala Dunia sebagai platform menyoroti persoalan-persoalan yang terjadi di Qatar. 

Dia berpendapat para pemain juga harus bisa lebih fokus pada sepak bola itu sendiri. (Daily Mail/OL-1)

Baca Juga

AFP

Fase 16 Besar: Spanyol vs Maroko Pertaruhan Torehkan Sejarah

👤Akmal Fauzi 🕔Senin 05 Desember 2022, 20:44 WIB
KAMI sudah mengukir sejarah saat mencapai 16 besar, tapi kami ingin lebih. Menyingkirkan Spanyol akan menghadirkan sejarah baru di Piala...
OZAN KOSE / AFP

Modric Belum Berencana Pensiun Usai Piala Dunia Qatar

👤Mediaindonesia 🕔Senin 05 Desember 2022, 20:37 WIB
Modric kini telah tampil di empat Piala Dunia dan empat Piala Eropa. Dalic mengatakan kaptennya belum siap pensiun dari tugas...
ANTARA FOTO/Biro Pers Setpres/Muchlis Jr

Liga 1 Diizinkan demi Persiapan Piala AFF dan Piala Dunia U-20

👤Akmal Fauzi 🕔Senin 05 Desember 2022, 17:46 WIB
Menurut Mahfud, kompetisi sepak bola di Tanah Air dibutuhkan karena akan menghadapi Piala AFF serta persiapan Piala Dunia...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya